Inilah Peraih Penghargaan Perangkat Daerah Terbaik 2021

oleh

PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin menyerahkan hasil evaluasi capaian kinerja perangkat daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) tahun 2021, di Ruang Pasir Padi, Senin (11/7/2022). Turut hadir dalam kegiatan itu Sekretaris Daerah Pemprov. Babel Naziarto.

Terdapat tiga kategori dalam penghargaan tersebut, yakni kategori Reformasi Birokrasi (RB) terbaik tahun 2021, kategori Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) terbaik tahun 2021, dan kategori Rapot Kinerja terbaik tahun 2021.

“Dengan adanya penghargaan ini, ke depan tidak ada lagi perangkat daerah yang tidak melaksanakan SAKIP, keberatan dalam melaksanakan RB dan juga tidak disiplin dalam penyampaian data-data yang dijadikan indikator dalam penilaian rapot kinerja perangkat daerah,” ujar Pj. Gubernur Ridwan.

BACA JUGA :  Wali Kota Molen Resmikan Rumah Layak Huni di Kelurahan Melintang

Dijelaskannya bahwa sasaran reformasi birokrasi adalah untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, akuntabel, kapabel dan mewujudkan pelayanan publik yang prima. sehingga di tengah tuntutan masyarakat yang semakin tinggi, reformasi birokrasi adalah suatu keharusan.

Di tahun 2021, Pemprov. Kep. Babel telah menghasilkan beberapa capaian reformasi birokrasi, antara lain sukses melaksanakan penyederhanaan birokrasi, raihan opini WTP lima kali berturut-turut sejak tahun 2017 oleh BPK RI.

Selain itu, program Kampung Keluarga Cerdas Inovatif Kreatif Aktif Responsif (CIKAR) masuk nominasi top 99 terbaik program inovasi pelayanan publik tahun 2021 dan juga meraih penghargaan predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik peringkat ke-5 tahun 2021 dari Ombudsman RI.

BACA JUGA :  Bangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Olahraga Futsal

“Capaian yang sudah kita raih ini tidak dapat dicapai jika kita tidak bersinergi, bersama dalam mewujudkannya. Termasuk kesuksesan reformasi birokrasi merupakan tanggung jawab segenap elemen pemerintahan dan untuk memastikan seluruh perangkat daerah melaksanakan reformasi birokrasi,” bebernya.

Dirinya juga menekankan agar segala pihak, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, dapat melakukan efektivitas dan efisiensi instansi pemerintah secara konsisten dan berkesinambungan.

Sehingga dengan adanya penghargaan ini, ia berharap komitmen bersama dengan menargetkan SAKIP dengan kategori “A” dan RB dengan kategori “BB” pada tahun 2022.

“Mari bersama-sama berkolaborasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, dan efisien secara konsisten, tegas, dan penuh komitmen,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Bongkar Dugaan Korupsi, Pidsus Kejari Pangkalpinang Geledah Kantor PDAM

Adapun pada kategori RB Award Terbaik 2021, peringkat tertinggi diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, disusul Inspektorat, lalu Badan Keuangan Daerah Pemprov. Kep. Babel.

Sementara kategori SAKIP Award Terbaik 2021, peringkat tertinggi diraih oleh Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah, disusul Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah, lalu Inspektorat Pemprov. Kep. Babel.

Terakhir, kategori Rapor Kinerja Terbaik 2021, peringkat tertinggi diraih oleh Dinas Kesehatan, disusul Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah, lalu Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Pemprov. Kep. Babel.(ikp)