Shalat Idul Adha Bersama Ribuan Masyarakat, Wali Kota Pangkalpinang Ingatkan Keteladanan Nabi Ibrahim

oleh

PANGKALPINANG  — Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil melaksanakan shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Alun-Alun Taman Merdeka (ATM) Kota Pangkalpinang, Minggu ( 10/7/2022 ).

Dihadiri ribuan masyarakat, Molen sapaan akrab wali kota dalam sambutannya memaknai Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah sebagai buah kesabaran atas iman dan taqwa kepada Allas SWT.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa hampir seluruh rangkaian dan ritual ibadah di Bulan Dzulhijah tidak lepas dari sosok teladan Nabi Ibrahim AS, sebuah refleksi kesabaran baik qurban sebagai bentuk kepatuhan dan kesabaran Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT, dan perintah ibadah haji,” ucap Molen

Sambungnya, Bentuk kesabaran itulah kemudian diabadikan menjadi ritual agama kaum muslimin, sehingga Allah SWT menempatkan Nabi Ibrahim AS sebagai pribadi yang begitu terhormat dan dimuliakan berkat cobaan dan ujian panjang yang beliau alami.

BACA JUGA :  DPD KNPI PGK Anugerahkan Pin Anggota Kehormatan Kepada Wali Kota dan Forkopimda Kota Pangkalpinang

Dikatakan Molen, di Bulan Dzulhijah ini kita dingatkan bagaimana Nabi Ibrahim AS di uji oleh tuhan untuk meninggalkan keluarganya di daerah yang tandus, perintah untuk menyembelih anaknya, hingga berjuang dalam berdakwah dan melawan penguasa yang dzolim.

Kemudian, ujarnya, semua ujian dan cobaan itu dihadapi penuh kesabaran oleh Nabi Ibrahim AS, sehingga perjalanan hidup dan keteladanan sosok Nabi Ibrahim AS sudah sepatutnya menjadi pelajaran yang berharga bagi umat muslim.

“Segala ujian dan cobaan yang kita alami tidak selamanya berdampak negatif bagi kita. Jika kita renungkan, sebagai contoh salah satu yang bisa kita ambil pelajaran adalah dari wabah pandemi Covid-19, walaupun pandemi mempengaruhi berbagai sektor baik itu kesehatan, ekonomi hingga hilang pekerjaan dan penghasilan karena adanya aturan pembatasan sosial, namun kita secara tidak langsung dampak positifnya kita dididik untuk lebih kreatif, lebih hemat dalam hal keuangan serta mengurangi kegiatan yang bersifat konsumtif,” ungkap Molen.

BACA JUGA :  Jaksa Agung Perintahkan Jajaran di Daerah Berantas Mafia Tanah, Kejari Babar Sediakan Nomor Pengaduan 081274124449

Oleh sebab itu, ucapnya, sabar dan kemenangan adalah dua hal yang tidak bisa dilepaskan, sebab Allah SWT akan senantiasa menguji dan membuktikan sejauh mana kualitas kesabaran yang dimiliki hamba-Nya.

Molen menjelaskan, bagaimana kita sering kali tidak sabar dan cenderung mengeluh saat diberikan ujian dan cobaan, sehingga tidak pernah mendapatkan kemenangan didunia bahkan di akhirat. sebaliknya, dengan kesabaran akan cobaan dan ujian yang diberikan Allah, niscaya bukan hanya mendapatkan kemenangan, namun juga kebahagiaan di akhirat nanti.

Ia juga mengutip surah Q.S Al Mukminun ayat 111 yang artinya “ sesungguhnya aku akan memberikan balasan kepada mereka pada hari ini karena kesabarannya. Sesungguhnya mereka itulah orang-orang mendapatkan kemenangan.

BACA JUGA :  DPRD Bangka Gelar Rapat Paripurna Perubahan KUA dan PPAS APBD TA 2022 dan Penyampaian Hasil Reses

“Sabar adalah buah dari iman dan ketaqwaan yang kita miliki. Orang yang tidak sabar berarti dalam dirinya belum tertanam keimanan dan ketaqwaan, untuk itu mudah-mudahan keimanan serta ketaqwaan senantiasa tertanam disetiap pribadi kita,” ucap Molen.

Diakhir sambutan, Wali Kota Pangkalpinang turut mengucapkan selamat beribadah di Bulan Dzulhijah, ia mendoakan semoga segala amalan yang akan dan telah dilaksanakan diterima oleh Allah SWT.(red)

Sumber : Diskominfo