Program Hijau Biru Babelku

oleh
Pj Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin saat iarapat bersama terkait penentuan kebijakan perbaikan kualitas lingkungan hijau melalui reklamasi/penghijauan, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Jumat (8/7/2022).

PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Ridwan Djamaluddin kembali menggagas program penanaman hutan di Kep. Babel. Program yang akan dinamai ‘Hijau Biru Babelku’ ini menjadi fokus utama dalam rapat bersama terkait penentuan kebijakan perbaikan kualitas lingkungan hijau melalui reklamasi/penghijauan, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Jumat (8/7/2022).

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur mengaku bahwa niat menghijaubirukan Kepulauan Bangka Belitung merupakan upaya untuk menjaga alam Kep. Babel dari kerusakan yang terjadi akibat adanya pertambangan.

Menurutnya, jika tidak dilakukan upaya penanaman kembali pohon di lahan kritis akibat aktivitas tambang, hal ini akan berbahaya di kemudian hari.

“Karena tingkat radiasi lahan bekas tambang ini lebih tinggi dari pada yang lainnya,” ujar Pj. Gubernur Ridwan saat membuka pertemuan.

BACA JUGA :  DPRD Bangka Gelar Rapat Paripurna Perubahan KUA dan PPAS APBD TA 2022 dan Penyampaian Hasil Reses

Oleh sebab itu, gerakan penanaman pohon di lahan kritis harus menjadi tindakan nyata yang harus dimulai dari sekarang. Ia pun meminta motor penggerak gerakan massal ini dilakukan oleh masyarakat, baik melalui wadah organisasi maupun komunitas.

“Saya yakin semua setuju. Tinggal bagaimana aspek regulasinya, sosialisasi, serta upaya pendanaan yang akan kita rumuskan polanya. Namun jangan anggap program ini adalah sebuah proyek, melainkan bentuk tanggung jawab kita bersama sebagai warga Kep. Babel,” ungkapnya.

Sosok yang juga merupakan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM ini juga menerangkan, bahwa rencana program ini akan terus diharmonisasikan lagi.

“Gerakan ini harus terkoordinir dan tidak menunggu-nunggu lagi, sebab nanti akan terus tertunda. Tinggal siapkan data dan peta lahan yang akan kita tanami,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Bangkitkan Kembali PSR, Syarli: Teng Saya Catat di Alarm Handphone Saya

Turut hadir dalam rapat, Sekda Kep. Babel Naziarto, Kapolda Irjen Pol Yan Sultra, Danrem 045/Garuda Jaya, instasi terkait dan _stakeholder_ lainnya. (Ikp)