Lagi, Lima Truk Pasir Zirkon dari Belitung ke Bangka Kembali Merapat di Pelabuhan Sadai Toboali

oleh
Caption : Truk pengangkut zircon 19 melewati jembatan sementara pada proyek penggantian jembatan Air Terong di Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (5/7/2022). (dok: satamexpose.com)

FORUMKeadilanbabel.com, BANGKASELATAN — Pengiriman Zirkon dari Belitung ke Pulau Bangka kembali berlangsung. Bahkan Selasa ((5/7/22) kemarin dikabarkan sekitar 5 (lima) truk berisikan total 59 ton pasir zirkon kembali diberangkatkan dari Pelabuhan Kapal Roro Belitung menuju Pulau Bangka yang akan merapat di Pelabuhan Sadai Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Beltung, Rabu (6/7/2022) hari ini.

Dari informasi yang dihimpun wartawan, menyebutkan bahwa pengiriman zirkon dari Pulau Belitung ke Pulau Bangka ini sudah rutin. Setiap kali ada penyeberangan kapal dari Belitung ke Bangka, pengiriman zirkon terus dilakukan.

Seperti biasanya pada Selasa (5/7/2022) kemarin, truk bermuatan pasir zirkon ditutup terpal menuju ke Pelabuhan Tanjung Ru di Belitung.

BACA JUGA :  Jaksa Agung Perintahkan Jajaran di Daerah Berantas Mafia Tanah, Kejari Babar Sediakan Nomor Pengaduan 081274124449

Untuk selanjutnya, truk pasir zirkon ini menumpang kapal roro belayar tujuan Pelabuhan Sadai, Kabupaten Bangka Selatan. Sebelumnya, truk-truk pengangkut zirkon itu memuat muatan zirkon yang diambil dari tempat penyimpanan di Dusun Suge, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung.

“Sudah biasa Bang, truk pasir zirkon ini ikut berlayar ke Bangka. Hampir setiap kali kapal roro berangkat dari Belitung ke Bangka, ada saja beberapa truk pasir zirkon masuk ke kapal,” ujar Mul, warga sekitar Pelabuhan Tanjung Ru, melalui telpon kepada wartawan.

Dari informasi yang beredar, pengiriman Zirkon ini diduga dilakukan oleh perusahaan PT
Mualim Putra Pratama yang berkedudukan di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Namun belum diketahui apakah zirkon yang dikirim dari Pulau Belitung ke Pulau Bangka ini sudah memiliki dokumen lengkap seperti disyaratkan oleh undang-undang maupun Perda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA :  Juru Parkir Pasar Ini Ditemukan Meninggal di Pinggiran Jalan, Polisi Lakukan Olah TKP

Yang jelas, pengiriman zirkon dari Bangka Belitung ke Kalimantan terus berlangsung dan tidak ada hambatan sama sekali. Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, pengiriman zirkon ke Kalimantan melalui Pelabuhan Pangkalbalam.

Mengutif satamexpose.com, pada Selasa (5/72022), PT Mualim Putra Pratama yang berkedudukan di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka telah beberapa kali melakukan pengiriman zirkon dengan menggunakan armada truk fuso.

Kali ini perusahaan tersebut mengirim zirkon keluar Pulau Belitung dengan berat bersih 59.080 kg, dengan mobil pengangkut yakni nopol S 8054WM dengan total berat 19,260 ton, nopol BN 8377 PC bobot 19,140 ton, BN 8344 PL bobot 19,515 ton dan truk dengan nopol BN 8910 PA berbobot total 19,455 ton.

BACA JUGA :  Wali Kota Molen Resmikan Rumah Layak Huni di Kelurahan Melintang

Hingga berita ini diturunkan, pihak PT PMM masih dalam upaya dikonfirmasi. (red).