Wapres RI Berikan Bantuan Santripreneur di Ponpes Hidayatussalikin Pangkalpinang

oleh

PANGKALPINANG – Wakil Presiden (Wapres) RI KH. Ma’ruf Amin mengawali agenda kerjanya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dengan mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Hidayatussalikin Pangkalpinang, untuk menyerahkan bantuan program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Santripreneur, Selasa (14/6/2022).

Baznas Santripreneur lebih ditujukan untuk para santri lulusan pondok pesantren berusia 17 sampai 30 tahun yang aktif di bidang wirausaha. Penerima manfaat ini adalah bagian dari program Baznas Santripreneur yang menyasar 5.000 orang.

Setibanya di lokasi acara, wapres yang kehadirannya turut didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin, serta pejabat lainnya ini disambut antusias oleh para santriwan/santriwati. Orang nomor dua di Indonesia ini pun menyapa masyarakat dari kejauhan, dengan mengucapkan kalimat salam sambil melambaikan tangan.

BACA JUGA :  Nyanyikan Lagu Bento , PJ Gubernur Safrizal Giring Ribuan Penonton Melompat dan Bersenandung di Acara Puncak Basel Bekecak

Sebanyak 3 perwakilan santri di Babel mendapatkan bantuan santripreneur yang bertujuan untuk membantu para santri dalam berwirausaha. Dalam kesempatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin berharap dengan bantuan yang diterima menjadikan santri mampu memajukan ekonomi, juga berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan hidup para santri.

“Rajin-rajinlah belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari belajar di sini. Sehat-sehat ya semua. Ini asalnya darimana, dan nanti cita-citanya mau jadi apa?,” tanya Wapres kepada seorang santri.

“Dari Toboali pak, cita-cita saya mau jadi kiai,” jawab santri tersebut.

Wapres menjelaskan, menjadi kiai merupakan pekerjaan mulia, dan menjadi kyai juga tak bisa dianggap sebelah mata. Buktinya, kata wapres, telah ada yang menjadi presiden, yakni Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil Gus Dur, serta wakil presiden seperti dirinya saat ini.

BACA JUGA :  Tinjau Kondisi Muara Jelitik, PJ Gubernur Safrizal Perintahkan Pemkab Bangka segera Lakukan Pengerukan

Usai memberikan pembekalan kepada para santri, wapres juga melanjutkan aktivitasnya untuk melihat produk-produk UMKM Ponpes Hidayatussalikin, seperti mie kemasan, air mineral, dan kopi.

Mengakhiri kegiatannya di Ponpes Modern Hidayatussalikin Pangkalpinang, Wapres Ma’ruf Amin menyempatkan untuk mengunjungi asrama putri, dan berkunjung ke kediaman Pimpinan Ponpes, Ahmad Syaikhu.

Seusai kunjungan, Ahmad Syaikhu menyambut positif kunjungan Wapres Ma’ruf Amin yang kedua kalinya ke Ponpes yang ia pimpin. Kehadiran orang nomor dua di Indonesia itu membuat dirinya lebih bersemangat dalam menyiarkan agama Islam di Bumi Serumpun Sebalai.

“Karena beliau adalah sosok kiai panutan kami, utamanya panutan warga Nahdliyyin,” ungkap pimpinan ponpes yang telah berdiri sejak tahun 2008 itu.(ikp)

BACA JUGA :  Di Hari Pertama Kerja, Pj Gubernur Safrizal Ingatkan Hindari Saling Menjatuhkan