Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kemendag, Berikan Pendampingan Berdagang online Kepada Pelaku UMKM Babel

oleh
Kegiatan pembinaan dan pendampingan cara berdagang melalui sistem elektronik kepada UMKM Babel yang dilaksanakan Kamis (2/6) di Swiss Belhotel Pangkalpinang.

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG – Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan pendampingan cara berdagang melalui sistem elektronik kepada UMKM Babel.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (2/6) di Swiss Belhotel Pangkalpinang Babel bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi pelaku usaha UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) cara berdagang online .

Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan Nina Mora pada saat membuka kegiatan tersebut mengatakan perkembangan teknologi mengunakan internet sangat pesat dan menyebabkan perkembangan perdagangan secara elektronik terus mengalami peningkatan, hal itu sudah dibuktikan pada saat masa pademi Covid-19, dimana sebagian masyarakat memanfaatkan digitalisasi dalam melakukan transaksi berbelanja online.

Oleh sebab itu lajut Nina, pemerintah terus berupaya mendorong para pelaku UMKM untuk bisa memanfatkaan era digitalisasi tersebut dalam mengembangkan usahanya kerena UMKM telah memberikan kontribusi perkembangan ekonomi secara nasional.

Salah satu upaya pemerintah kata Dia, yaitu melaui Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan pendampingan cara berdagang melalui sistem elektronik kepada UMKM yang berada di Provinsi Babel.

BACA JUGA :  Disperindag Provinsi Bekerjasama Disperindag Kota Pangkalpinang. Gelar Pelatihan Prosedur Dan Pembiyayaan Ekspor

Tujuanya tutur Nina, agar para pelaku UMKM yang berada di Babel bisa memasarkan prodak-prodaknya lebih mudah dan lebih luas jangkauanya.
“Kegiatan pada hari ini memberikan pelatihan dan pengetahuan agar kedepanya para peserta bisa mengembangkan, meningkatkan prodak dan bisa menjual prodaknya kepada masyarakat secara luas,” katanya.

Dirinya juga berpesan kepada pelaku usaha UMKM Babel untuk dapat manfaatkan sebaik-baiknya kegiatan tersebut, yaitu dengan cara banyak bertanya dan belajar secara langsung oleh para narasumber.
“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat di manfaatkan bapak-ibu dengan sebaik baiknya selama dua hari, karena sangat bermanfaat untuk mengembangan dan menjual prodak bapak dan ibu secara online,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tarmin dalam sambutannya mengucapakan selamat datang kepada rombongan Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan di Provinsi Babel dan mengucapkan terima kasih karena telah mengadakan kegiatan pembinan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM Babel tentang tata cara berdagang online.
“Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan pendampingan melalui sistem elektronik kepada UMKM Babel,” katanya.

BACA JUGA :  Upaya Maksimalkan Pengaduan Pelayanan Masyarakat, Diskominfo PGK Gelar Monitoring dan Evaluasi Aplikasi SP4N LAPOR

Dijelaskanya kegiatan pembinaan dan pendampingan dimaksud juga melibatkan penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) untuk membina pelaku UMKM dalam memanfaatkan berbagai fitur PMSE dan memudahkan pemasaran produknya.
“Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini yaitu praktisi atau akademisi yang kompeten di bidangnya, yang akan menyampaikan materi mengenai teknik foto produk yang menarik, pemanfaatan sosial media sebagai media pemasaran, dan penggunaan fitur-fitur yang tersedia di platform perdagangan online,” tuturnya.

Oleh sebab itu dirinya beharap kegatan ini membawa segudang manfaat buat para pelaku UMKM Babel dalam memasarkan prodaknya secara online sehingga membawa kesejahteraan dan kemajuan bagi UMKM Babel
“Saya harapkan, para pelaku usaha di provinsi Babel khususnya para peserta kegiatan ini, dapat memanfaatkan momentum kegiatan ini untuk memperoleh pengetahuan lebih mengenai perdagangan melalui sistem elektronik (E-Commerce) dan pengetahuan pendukung lainnya,” harap Tarmin kepada para pelaku UMKM.

BACA JUGA :  Anggota DPRD Babel Minta Pemerintah Hadir di Tengah Anjloknya Harga TBS Sawit

Untuk menambah keahlian para pelaku UMKM di berikan pengetahuan selama dua hari. Hari pertama dari narasumber Adhi Prasetio dari Telkom University dengan pemaparan materi mengenai Teknik Photo Produk Menggunakan Smartphone dan Edit Photo dengan Apps Gratis, serta Materi mengenai Kebijakan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik oleh Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan.
Di hari berikutnya, Jumat (3/6) Praktik Langsung Teknik Efektif Pemasaran Produk Melalui Optimalisasi Sosial Media (Social Media Optimization) dari Kumpul. Id dan Praktik Langsung Mengelola Toko Online dan Memanfaatkan Fitur-Fitur Dalam Platform Perdagangan Online dari perusahaan terkemuka yaitu Grap Indonesia. (Mislam)