Babel Tunggu Komitmen Pusat Persiapkan Presidensi G20 Belitong

oleh
Rapat Pembahasan Pelaksanaan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 Presidensi Indonesia di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Babel, Selasa (24/05/2022).

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG – Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Sekda Babel) Naziarto menuturkan, baik Pemprov, Forkopimda Babel, serta Pemkab Belitung dan Belitung Timur terus berbenah untuk mempersiapkan secara matang perihal pelaksanaan Presidensi G20 di Pulau Belitung pada Bulan September 2022 mendatang.

Namun, Forum konferensi internasional tingkat Menteri Pembangunan itu tentunya tak bisa hanya dibebankan pada Babel selaku tuan rumah, dan butuh dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Pusat, salah satunya Kementerian PPN/Bappenas RI selaku vocal point Development Working Group (DWG) dalam Presidensi G20.

“Semangat kita tinggi untuk menyukseskan G20 Belitung, kita dari daerah sudah siap. Tinggal Bappenas dan pihak EO bagaimana petunjuknya,” ungkap Sekda seusai Rapat Pembahasan Pelaksanaan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 Presidensi Indonesia di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Babel, Selasa (24/05/2022).

BACA JUGA :  Pj Gubernur Rumuskan Solusi Terkait Merosotnya Harga TBS Kelapa Sawit

Seyogyanya pada rapat kali ini, pihak Event Organizer diundang untuk memaparkan rundown acara, teknis pertemuan, termasuk kunjungan wisata di Belitung, namun berhalangan hadir, sehingga akan dilakukan rapat lanjutan untuk membahas hal itu.

Lebih jauh dikatakan Sekda Babel, jajaran pemerintah daerah telah melakukan berbagai persiapan, baik substansi maupun logistik untuk menyongsong Presidensi G20 2022. Seperti teknis standar layanan acara dan kebutuhan pertemuan, yang didalamnya terdapat berbagai komponen, mulai dari bandara, transportasi, kesehatan, ruang pertemuan, penginapan, keamanan, konektivitas, dan wisata delegasi.

Termasuk pembenahan infrastruktur, seperti jalan raya dan penerangan jalan hingga keterlibatan UMKM. Namun, hingga saat ini Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian PPN/Bappenas RI belum memberikan arahan lebih lanjut, termasuk gelontoran anggaran untuk kegiatan tersebut.

BACA JUGA :  Upaya Maksimalkan Pengaduan Pelayanan Masyarakat, Diskominfo PGK Gelar Monitoring dan Evaluasi Aplikasi SP4N LAPOR

“Dengan semangat bersama kita bisa, kami dari daerah siap mendukung perhelatan internasional ini. Tentunya pemerintah pusat harus membantu kita terutama kucuran dana untuk disegerakan,” tegasnya.

Selain Sekda, dalam rapat kali ini, nampak hadir unsur Forkopimda Babel, Bupati Belitung Sahani Saleh, Bupati Belitung Timur Burhanudin, pihak BUMN dan stakeholder terkait lainnya. (Ikp)