Sekda Ajak Persikindo Jadi Motivator Majukan UMKM

oleh
Sekda Babel, Naziarto bersama anggota Persikindo.

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) menyambut baik eksistensi Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia (PERSIKINDO) sebagai perhimpunan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan pengusaha yang bergerak dibidang ritel maupun jasa.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Naziarto saat menghadiri Pelantikan DPD PERSIKINDO Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan DPC se-Bangka Belitung Tahun 2022 – 2027. Ia menyambut hadirnya Persikindo di tengah-tengah masyarakat Bangka Belitung dengan kedua tangan terbuka.

“Karena kami ingin hadir dan eksisnya Persikindo ini dapat menambah satu lagi komunitas atau perkumpulan organisasi kewanitaan yang bergerak secara khusus di bidang ekonomi,” kata Sekda di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Kelurahan Air Itam, Senin (23/5/22).

Dalam acara yang mengangkat tema “Meningkatkan Kreativitas dan Kualitas Srikandi Bangka Belitung Menuju Daya Saing Global”, Sekda berharap mereka dapat dapat membawa harum nama Babel dan mengangkat kehidupan kesejahteraan para pelaku UKM dan UMKM yang pada akhirnya akan menambah income perkapita masyarakat.

BACA JUGA :  DPD KNPI kota Pangkalpinang Gelar Muscam DPK Di Gedung Pemuda

“Serta memajukan Bangka Belitung dalam taraf kehidupan dan kesejahteraan yang lebih maju ke depan,” ujarnya.

Berbicara tentang usaha UMKM, Sekda mengutarakan konteksnya selalu pada peningkatan perekonomian keluarga, sehingga otomatis ada usaha yang harus dilakukan oleh setiap keluarga.

Jika selama ini usaha tersebut belum terkoordinir, maka kehadiran Persikindo sebagai wadah yang bergerak untuk menjadi motivator, inovator, serta komunikator yang dapat membawa harapan bagi usaha UMKM kedepannya agar dapat terkoordinir dengan baik, seperti kesulitan mendapatkan modal.

Dikatakannya tujuan dari Persikindo ini tidak lain adalah secara internal bagaimana organisasi tersebut dapat memajukan dan memberdayakan usaha para anggotanya sehingga bisa meningkatkan taraf pendapatan maupun ekonomi para anggotanya, dan hal ini tentu akan berimbas secara eksternal kepada masyarakat sekitar.

BACA JUGA :  Giliran Komisaris Telkom Indonesia Kunjungi Kota Beribu Senyuman, Molen: Pangkalpinang Seperti Gadis 17 Tahun

“Jika masyarakat betul-betul berusaha secara maksimal, kedepan, tingkat pendapatan masyarakat di daerah yang bersangkutan akan maju dengan pesat. Kita lihat saja pelaku UMKM di daerah Bali, dimana usaha-usaha rumah tangga yang dikembangkan pemerintah sehingga dapat memajukan pendapatan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut. Tidak ada ibu-ibu rumah tangga yang menganggur dan tidak ada anak muda yang tidak bekerja, mereka semua eksis,” jelasnya.

Hal yang sama terjadi di daerah Lombok dan Samosir. Mereka bergerak bersama mengembangkan ekonomi kreatif yang ada di setiap desa tersebut. Hal ini menurut Sekda, kalau dilakukan melalui motivator pengurus-pengurus Persikindo, bukan tidak mungkin Babel kedepan akan seperti itu.

“Kami harap Persikindo dapat melakukan motivator dan inovator terhadap mereka, ibu-ibu rumah tangga, anak-anak muda yang ada di Bangka Belitung. Kehadiran Persikindo sangat tepat waktu, mengapa? Karena pada tanggal 7-9 September 2022 mendatang, di Belitung ada pertemuan tingkat menteri G20 yang dihadiri 20 negara plus negara-negara peninjau, dan kurang lebih 1000 orang akan hadir disana, sehingga merupakan kesempatan besar bagi Persikindo untuk mengambil bagian mengembangkan usaha UMKM,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Upaya Maksimalkan Pengaduan Pelayanan Masyarakat, Diskominfo PGK Gelar Monitoring dan Evaluasi Aplikasi SP4N LAPOR

Akan tetapi, lanjutnya kedepan UMKM bukan hanya bersifat temporer ketika ada momen-momen tertentu saja, tetapi harus kontinyu membangun masyarakat sekitar, sehingga tumbuh ekonomi kreatif ditengah-tengah masyarakat, agar geliat ekonominya akan nyata dan tumbuh secara positif.

“Saya yakin seyakin-yakinnya pertumbuhan ekonomi masyarakat akan semakin meningkat, otomatis income pendapatan rumah keluarga masyarakat akan meningkat dan semua kebutuhan keluarga akan terpenuhi,” ujarnya menutup sambutan.(ikp)