Disambangi PWI Babel, Rektor UBB Siap Bangun Kolaborasi

oleh
Audiensi PWI Babel ke UBB, Kamis (19/5/22).

FORUMKeadilanbabel.com, BANGKA — Rektor Universitas Bangka Belitung, DR. Ibrahim menyatakan siap membangun kolaborasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal ini disampaikan Ibrahim menanggapi Ketua PWI Babel M Fathurrakhman dan jajaran pengurus lainnya ketika beraudiensi di Gedung Rektorat UBB, Balunijuk, Kabupaten Bangka, Kamis pagi, 19 Mei 2022.

“Pada prinsipnya UBB siap menjalian kemitraan atau berkolaborsi dengan PWI Babel. Tinggal nanti bisa dituangkan dalam MoU, terkait apa saja yang bisa disinergikan,” katanya.

Ibrahim menyambut baik sillahturahmi pengurus PWI Babel. Apalagi UBB yang pertama dikunjungi Pengurus PWI Babel periode 2022-2027.

“Kami terbuka bagi anggota PWI Babel yang ingin mengambil kuliah study S2. Saat ini UBB sudah membuka pendaftaran Pasca Sarjana manajemen, pertanian dan hukum,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pansus DPRD Babel Bahas Raperda Keuangan Daerah

Selain itu Ibrahim juga mengungkapkan barangkali yang ingin kuliah S1. Ada program reguler sore dan sedang dimatangkan untuk jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Jalur RPL diperuntukkan bagi bisa juga untuk profesi wartawan.

“Nanti bisa kita bahas lebih lanjut dan menyesuaikan dengan jumlah peminat dan bidang studi yang ada di UBB,” katanya.

Sejumlah program studi baru kini dipersiapkan UBB seperti fakultas kedokteran dan komunikasi.

Untuk kedokteran setelah izin keluar Tahun 2022, maka Tahun Ajaran 2023 sudah menerima pendaftaran calon mahasiswa.

“Kami mohon doa dan dukungannya, UBB sudah memgakuisisi Akper Pangkalpinang sebagai embrio fakultas kedokteran. Sebab Akper Pangkalpinang baik infrakstruktur dan kelengkapan lainnya sudah ada,” kata Ibrahim.

BACA JUGA :  Agar Masyarakat ikut Ber-qurban, ACT Bangka Buat Program Flash Sale

Sebelumnya, di awal pertemuan M Fathurrakhman menjabarkan sejumlah program PWI Babel seperti di bidang pendidikan, kesejahteraan dan advokasi.

Boy sapaan akrabnya, menyebutkan selain peningkatan profesionalisme anggota, PWI Babel juga memprogramkan peningkatan kapasitas anggota melalui kesempatan memeroleh pendidikan baik SI maupun S2.

Selain itu terkait kesejahteraan anggota, PWI akan membangun lahan produktif bisa untuk pertanian, perikanan dan peternakan.

“Nah sangat tepat kami bisa berkolaborasi dengan UBB. Seperti pengolahan lahan UBB punya banyak SDM mumpuni dibidang tersebut,” ujarnya.

Sementara Ketua SIWO PWI Babel Rudi Sahwani menyebutkan PWI juga sedang menyusun program rehabilitasi mangrove.

Kedepan PWI bisa berkerjasama dalam program penghijauan kembali lingkungan.

Hal senada dikemukakan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Replianto.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Rumuskan Solusi Terkait Merosotnya Harga TBS Kelapa Sawit

Dalam pengelolaan lahan, PWI bisa mendapatkan pendampingan dari pihak UBB.

Sekretaris PWI Babel, Fakhruddin Halim mengatakan rencananya akhir Juni 2022, akan dilakukan pelantikan pengurus PWI Babel periode 2022-2027.

“Kami berharap pada agenda tersebut sekaligus bisa dilaksanakan penandatanganan MoU antara PWI dengan UBB,” ujarnya.

Sejumlah pengurus lainnya yang hadir Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Antoni Ramli, Wakil Bendahara M Ikhsan Firmansah, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Romlan, Yosi Maharani, Boril, Sapriadi, Jupa Marsah, Edoy, Lois dan Dimas. (ril)