Bersama Kepala Daerah, Bersama Kita Bisa

oleh
Pj Gubernur bersama kepala daerah se-Babel, di Resto Bukit Angsa Emas, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (18/5/22).

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALAN BARU – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin mengadakan acara silaturahmi dengan para Bupati/Walikota se-Babel yang berlangsung di Resto Bukit Angsa Emas, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (18/05/2022).

Sejumlah kepala daerah hadir dalam pertemuan itu, diantaranya Bupati Belitung Sahani Saleh, Bupati Belitung Timur Burhanuddin, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Bupati Bangka Mulkan, Bupati Bangka Barat Sukirman dan Wakil Bupati Bong Ming Ming, serta Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi. Sementara Pangkalpinang dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang Suryo Kusbandoro, serta Sekda Babel Naziarto.

Dalam acara yang berlangsung akrab dan hangat itu, sejumlah kepala daerah memberi masukan dan usulan kepada Pj Gubernur terhadap sejumlah persoalan yang dihadapi pada wilayah yang dipimpinnya. Khususnya terkait masih maraknya kegiatan pertambangan ilegal yang tidak terkendali, anjloknya harga sawit, pembangunan infrastruktur, hingga pelayanan publik.

BACA JUGA :  DPD KNPI kota Pangkalpinang Gelar Muscam DPK Di Gedung Pemuda

“Dalam pertemuan tadi kita bersepakat untuk mencari jalan keluar untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, dan yang terpenting kita bersepakat, Bersama Kita Bisa,” ungkapnya seusai pertemuan.

Dijelaskannya bahwa semua usulan dari tiap Kabupaten/Kota itu nantinya akan diurutkan berdasarkan skala prioritas yang paling mendesak bagi masyarakat luas, sehingga tidak bisa dilakukan secara bersamaan.

Menjadi perhatian khusus dikatakannya terkait masifnya pertambangan ilegal di Bumi Serumpun Sebalai, ia dan para kepala daerah se-Babel bersepakat untuk menyelesaikan masalah tersebut, terutama pembenahan tata kelola pertambangan timah.

“Kita tidak boleh tutup mata, sehingga seakan negara tidak hadir, banyak dampak negatif dari pertambangan timah ilegal, mulai dari permasalahan banjir, sedimentasi, hingga kerusakan lingkungan dan ekosistem,” jelasnya.

BACA JUGA :  Upaya Maksimalkan Pengaduan Pelayanan Masyarakat, Diskominfo PGK Gelar Monitoring dan Evaluasi Aplikasi SP4N LAPOR

Dengan adanya pertemuan ini, Pj Gubernur mengatakan bahwa menjadi momentum dirinya dalam melangkah membangun Babel bersama-sama dengan kepala daerah lainnya. Dan sebagai langkah awal, ia akan mengunjungi seluruh Kabupaten/Kota di Babel untuk melihat sejumlah permasalahan secara langsung.

“Saya akan mulai action besok, diawali dengan kunjungan ke Belitung dan Beltim untuk melihat langsung, kemudian minggu depan saya akan berlanjut di Kabupaten/Kota lainnya,” tutupnya.(ikp)