Pemprov Babel Ikut Berpartisipasi Dalam Peringatan Hari Konsumen Nasional Tahun 2022

oleh
Kantor Disperindag Provinsi Babel dalam menyambut Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkornas) Tahun 2022.

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkornas) Tahun 2022.

Bentuk partispasi yang dilakukan dalam rangkaian Peringatan Hari Konsumen Nasional Tahun 2022 yang dilakukan oleh Disperindag Provinsi Babel yaitu melakukan media publikasi Peringatan Hari Konsumen Nasional Tahun 2022 dengan cara memasang sepanduk atau banner di beberapa titik di wilayah Kota Pangkalpinang.
“Pemprov Babel melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan turut berpartsipasi dalam Harkornas tahun 2022 ini, yaitu berupa pemasangan spanduk di beberapa titik di seputaran Kota Pangkalpinang, itu bentuk media publikasi yang kita pasang,” kata Sub Kordinator Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Zurista, Rabu, (11/5) di ruang kerjanya.

BACA JUGA :  Ini 4 Poin Penting Hasil _Business Meeting_ Bersama CEO Xinyi Group

Media publikasi yang dilakukannya selain sebagai bentuk dukungan terhadap rangkaian kegiatan Harkornas, juga sebagai media pemberitahuan dan edukasi kepada masyarakat Babel bahwa Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang ditetapkan pada tanggal 20 April merupakan momentum peningkatan pemahaman hak dan kewajiban konsumen, peningkatan kecerdasan, kemandirian dan kepercayaan diri konsumen untuk bertransaksi serta nasionalisme tinggi dalam menggunakan produk dalam negeri.

Menurutnya, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Konsumen Nasional Tahun 2022 pada tanggal 20 April, dengan tema: “Perlindungan Konsumen Menuju lndonesia Maju” dan sub tema: “Konsumen Berdaya Beli Produk Dalam Negeri”.

Oleh karena itu, untuk mendorong kesuksesan kegiatan tersebut Pemprov Babel terus berupaya membantu dan mendorong dengan bentuk promosi dan publiksi Harkornas, hal itu berdasarkan surat edaran Kemendag RI Nomor : PKTN.2/SO/Q4/2022, yang isinya menyerukan setiap pemerintah daerah Provinsi Se-lndonesia untuk berpartisipasi dalam rangkaian pelaksanaan peringatan Harkonas 2022.

BACA JUGA :  Infrastruktur Jalan merupakan Urat Nadi Perekonomian

“Isi suratnya permohonan dukungan dari Pemerintah Daerah Provinsi se-lndonesia untuk berpartisipasi dalam rangkaian pelaksanaan peringatan Harkonas 2022, antara lain: Promosi dan publikasi kepada masyarakat melalui pemasangan media luar ruang (spanduk dan banner) atau media publikasi lainnya di lingkungan instansi masing-masing selama bulan April sampai dengan Mei 2022,” tuturnya.

Mengenai bentuk desain promosi dan publikasi Harkonas 2022 kata Dia, sudah disediakan oleh Kemendag RI dengan sampaikan QR Code dan Link Url yang berisikan Standar Desain Promosi dan Publikasi Harkonas 2022.
“Kita juga sudah mengunggah video ucapan Selamat Hari Konsumen Nasional, dengan menyertakan tagar #KonsumenBerdayaBeIiProdukDaIamNegeri yang dapat diunggah melalui halaman resmi media sosial instansi,” tuturnya.

BACA JUGA :  Hadiri Bazar UMKM, Sekda Naziarto Harapkan Pelaku UMKM dapat Terus Berkiprah

Dengan adanya Harkornas tahun 2022 ini, dirinya menghimbau kepada masyarakat Babel untuk terus menjadi konsumen cerdas dengan memahami hak dan keajiban konsumen dan jika ada permasalahan seputar penganduan konsumen silahkan datang ke Disperindag Babel atau dapat menghubungi nomor kontak Pengaduan yaitu 08117109666. (Mislam/ Zurista)