Gubernur Ingatkan Pentingnya Kolaborasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa

oleh
Gubernur Eezaldi Rosman dalam kegiatan Halal Bihalal dan Penyerahan Hadiah Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertempat di Ballroom Resto Gale-Gale, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (9/5/22).

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALANBARU – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengingatkan pentingnya Kolaborasi, Sinergitas, dan Kebersamaan dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa.

Menurut gubernur, hal itu diperlukan oleh suatu desa dalam menjalankan program yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) kepada seluruh desa, yang difokuskan pada pemberdayaan masyarakatnya, dengan melihat keunggulan yang dimiliki oleh desa tersebut.

“Saya tekankan di sini pentingnya kolaborasi, sinergitas, dan kebersamaan.¬†Terlebih kerjasama antar desa dalam rangka pemberdayaan masyarakatnya” ungkap gubernur.

Pesan itu disampaikan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman kepada para Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Babel dalam kegiatan Halal Bihalal dan Penyerahan Hadiah Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertempat di Ballroom Resto Gale-Gale, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (9/5/22).

BACA JUGA :  Sidang Kasus Penyerangan, Saksi Ungkap Peristiwa Itu, Betul-betul Terjadi di Depan Mata

Gubernur menjelaskan Pemprov. Babel, melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospmd) Babel telah memberikan bantuan kepada seluruh desa baik dalam bidang pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, maupun infrastruktur desa.

Pada tahun ini bantuan yang diberikan difokuskan pada pemberdayaan masyarakat. Dan program ini merupakan kebijakan dan kreativitas yang diambil oleh Pemprov. Babel yang telah disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan belum dilakukan oleh daerah manapun di Indonesia.

Oleh sebabnya, gubernur berharap kepada para kades dan BPD agar dalam pemberdayaan masyarakat ini disesuaikan dengan keunggulan yang dimilikinya.

“Intinya Pemberdayaan masyarakat itu luas. Mendirikan restoran, membuat tambak, jual ikan, jual bbm, jual gas, termasuk pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) itu semua pemberdayaan masyarakat” jelasnya.

BACA JUGA :  Begini Tanggapan Wali Kota Molen Terhadap Tiga Raperda Kota Pangkalpinang

Untuk mendukung pemberdayaan masyarakat desa ini pemerintah juga melakukan kerjasama dengan PT Surya Energi Indotama (SEI) untuk mendukung usaha yang dilakukan oleh pemerintah desa khususnya dalam pengadaan energi atau kelistrikan, air bersih, dan produksi es balok.

Pada kegiatan tersebut, dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah di sektor pajak, Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Babel melalui perangkat desa akan mendata pajak kendaraan bermotor secara kolektif masyarakatnya.

Sebelumnya, gubernur dalam kesempatan itu juga mengucapkan Selamat Idul Fitri dan Mohon Maaf Lahir Batin kepada para kades dan BPD, sekaligus memberikan pengarahan sebagai Gubernur Kepulauan Babel periode 2017-2022. Dirinya yang peduli akan kemajuan Bangka Belitung ini, akan terus ada di tengah-tengah masyarakat Babel.

BACA JUGA :  Kemana Ucapan Karangan Bunga Selamat Berpisah dan Terimakasih Tertuju

Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi dan penyerahan Hadiah Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ikut mendampingi gubernur dalam kegiatan ini Kepala Dinsospmd Babel Budi Utama, Kepala Bakuda Babel M. Haris, Direktur Pemasaran dan Bisnis PT SEI I Made Sandika Dwiantara. (Ikp).