Praktis, Cepat dan Efisien, Samsat Transmart Diresmikan Gubernur Erzaldi

oleh
Gubernur Erzaldi bersama Wakapolda Babel, Brigjen. Pol. Drs. Sugeng Suprijanto resmikan Samsat Transmart, disaksikan oleh Forkopimda dan Komisi 2 DPRD Babel serta Kepala Badan Keuangan Daerah Babel, Haris, Kamis (28/04/2022

PANGKALPINANG – “50 detik! Proses pembayaran selesai,” puji Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman saat menyaksikan langsung Simulasi Pembayaran pertama di Gerai Samsat yang baru saja diluncurkan.

Dengan _Tagline_ ‘Lunasi Pajaknya, Awasi Penggunaannya’ Gerai Samsat Transmart Pangkalpinang ini diresmikan langsung oleh Gubernur Erzaldi ditandai dengan penarikan tirai bersama Wakapolda Babel, Brigjen. Pol. Drs. Sugeng Suprijanto disaksikan oleh Forkopimda sebagai jajaran undangan. Selain itu, tampak hadir Komisi 2 DPRD Babel serta Kepala Badan Keuangan Daerah Babel, Haris, Kamis (28/04/2022).

“Saya berharap gerai samsat di Transmart ini dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat kita yang ingin dilayani setoran pajaknya,” ungkap Gubernur Erzaldi dalam sambutannya.

Dirinya meyakini, pajak yang diambil dengan cara yang praktis, cepat dan menggunakan tehnik-tehnik yang efisien, akan lebih meningkatkan minat masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu.

BACA JUGA :  Ketua LSM Gempa Babel Angkat Bicara Soal Pengelolaan Usaha Wisata Tahura Mangkol

Dengan diadakannya gerai di pusat keramaian ini, dapat diikuti oleh para pelaku pelayan Samsat, baik dari Kepolisian dan ASN ataupun petugas-petugas lain selaku pelayan masyarakat.

“Semoga dapat berkinerja lebih baik lagi. Saya yakin dan percaya ini akan berjalan dengan baik dan sukses,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya sangat berharap dan mendorong gerai ini dilengkapi dengan ATM setor tunai, pendapatannnya lebih baik lagi.

Ucapan terima kasih kepada semua pihak disampakannya, khususnya kepada unsur Kepolisian, Bakuda Babel dan Jasa Raharja yang tergabung dalam tim samsat Kota Pangkalpinang yang telah bekerja keras membantu pembangunan Pemerintah Daerah di Peovinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Dengan adanya inovasi Gerai Samsat ini, diharapkan potensi pendapatan daerah dari sektor pajak dapat lebih optimal dan memberikan dampak besar terhadap kemajuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kita cintai ini,” tegasnya.

BACA JUGA :  Bersama Kepala Daerah, Bersama Kita Bisa

UPTD Samsat Pangkalpinang melakukan percepatan ini dilengkapi dengan kenyamanan pelayanan pajak yang tetap dilakukan pada Sabtu dan Minggu.

“Mereka bisa mendapatkan pelayanan samsat sambil mengajak keluarganya, mudah-mudahan ini menjadi bagian dari pelayanan yang terus kami kembangkan agar memudahkan masyarakat kita,”  jelasnya.

Pada kesempatan ini, pihak Bakuda Babel, khususnya UPTD Samsat Pangkalpinang juga memulai program Pembebasan Pondok Pajak serta Sanksi Administrasif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor serta Pajak Kendaraan Bermotor kepada Masyarakat Babel.

“Pemutihan bagian _supporting_ kita agar membiasakan masyarakat tidak ada alasan tidak membayar pajak. Maka perlu terus dilakukan untuk meringankan mereka termasuk pemutihan-pemutihan,” jelasnya.

“Memang kita membuat masyarakat kita manja dan senang. Selanjutnya, dia akan malu jika tidak membayar pajak,” tambah Gubernur Erzaldi.

Dijelaskan singkat oleh Haris, Kepala Bakuda Babel, pemutihan pajak yang dimaksud, mekanismenya adalah hanya dibayar 1 tahun, sementara dendanya gratis walau sudah terlambat lebih dari satu.

BACA JUGA :  Disambangi PWI Babel, Rektor UBB Siap Bangun Kolaborasi

Diadakan pemutihan ini dilakukan dengan petugas yang mendekatkan diri. Transmart sendiri, targetnya bagi Kepala Bakuda adalah hari Sabtu dan Minggu yang ramai pengunjung mulai pukul 13.00 hingga 20.00.

“Maka kami sampaikan kepada pihak Bank Sumselbabel untuk mendukung pelayanan pembayaran setor tunai agar bisa melakukan setoran kepada Bank Sumbelbabel di hari yang sama,” ungkap Haris ketika ditemui usai peresmian Gerai ini.

Pemprov. Babel juga memberikan bingkisan dan Piagam Penghargaan atas kerja sama dan partisipasi dalam pelayanan publik kepada wajib pajak pada kegiatan UPT Bakuda Babel Wilayah Kota Pangkalpinang, kepada Keluran Air Itam, Pintu Air, Kacang Pedang, Rangkui, Bukit Intan, dan Gerunggang.(ikp)