Ini Skenario Antisipasi Lonjakan Penumpang Jalur muntok

oleh
Gubernur Erzaldi saat meninjau Kesiapan Angkutan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 H/Tahun 2022 bertempat di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Kab. Bangka Barat, Selasa (26/04/2022).

FORUMKeadilanbabel.com, MUNTOK- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengapresiasi gerak cepat Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat dan tim, atas antisipasi yang mereka lakukan terutama dalam mengurai kepadatan-kepadatan kendaraan arus mudik tahun ini karena lonjakan sangat luar biasa dibandingkan tahun lalu.

“Distribusi logistik dari tahun ke tahun melonjak tajam, tahun ini naik 67,7 persen, dan ini sudah diantisipasi oleh kawan-kawan di Bangka Barat dengan baik”, ungkap Gubernur Erzaldi.

Disampaikan Gubernur Erzaldi saat meninjauan Kesiapan Angkutan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 H/Tahun 2022 bertempat di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Kab. Bangka Barat, Selasa (26/04/2022), bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA :  Dikonfirmasi Soal Dugaan Pengaturan Pemenang Lelang Jembatan Lubuk, Kadis PU Bateng sebut Dirinya Tidak Ikut Campur, Itu Ranahnya Pokja.

Disampaikan bang ER, sapaan akrab Gubernur Babel, antisipasi yang telah dilakukan antara lain diantaranya, adanya buffer zone yang mengurai kantong-kantong kendaraan.
Buffer zone ini berfungsi untuk pengurusan kelengkapan administrasi perjalanan sekaligus tempat parkir kendaraan untuk menunggu pemberangkatan. Di tempat ini, disediakan tempat istirahat, toilet, mushola dan restoran, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para calon penumpang.

Selain itu, untuk mengurai kepadatan, juga dibahas dalam pertemuan, agar jalur dari Mentok ke Sungsang Banyu Asin, Sumatera Selatan dibuka.

“Kalau ke Sunsang itu membutuhkan waktu cuma 45 menit, dan kapasitas kapal kita untuk 400 penumpang bisa dilakukan di sana. Dan ternyata Pak Bupati juga sudah berkoordinasi dengan Kabupaten Banyu Asin”, jelasnya.

BACA JUGA :  Pemkot Pangkalpinang dan Pelaku UMKM Perkuat Sinergi untuk Kembangkan Pemasaran Produk dan Investasi

Demikian pula dengan Pemerintah Kabupaten Banyu Asin yang juga telah menyatakan kesediaannya, serta akan menyiapkan angkutan darat yang akan menyambung penumpang dari Bangka Belitung ini ke kota-kota lain di Sumatera Selatan.

Pada kesempatan ini, Gubernur Erzaldi juga mengatakan akan menyiapkan kendaraan khusus bagi mahasiswa Bangka Belitung yang pulang kampung. Kendaraan ini nantinya setiap hari akan mengantarkan para mahasiswa ke daerah masing-masing seperti Toboali, Koba, Belinyu, Sungailiat, dan Pangkalpinang.
Harapannya, 14 trip kapal yang diberangkatkan setiap harinya dapat berjalan dengan baik.

“Harapan kami semoga kapalnya sehat, petugasnya juga kuat, sehingga penumpang juga aman, nyaman dan selamat”, ungkapnya juga berpesan kepada para pemudik agar menjaga kesehatan dan keamanannya masing-masing.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Himbau Perusahaan Besar Jadi Bapak Angkat Bagi Penambang Kecil

“Jaga diri, fisik, kesehatan dan keamanan anda sekalian. Semoga sampai tujuan dengan selamat dan salam untuk keluarga semua”, tambahnya.

Selain meninjau pelabuhan dan penumpang, Gubernur Erzaldi beserta Forkopimda dalam kesempatan itu juga meninjau Buffer Zone, serta pembagian bingkisan kepada para petugas di Posko Terpadu di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat.(ikp)