Penyebarluasan Perda di Sinar Baru, Ranto ingin Ponpes terus berinovasi dan kreatif

oleh
Ranto Sendhu sampaikan Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 2 Tahun 2022 tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren di Ponpes Hubbul Qur'an Sinar Baru Sungailiat.

FORUMKeadilanbabel.com, SUNGAILIAT – Silahturahmi ke Pondok Pesantren Tahfidz Hubbul Qur’an di Desa Sinar Baru Kabupaten Bangka, legislator Fraksi Demokrat Ranto Sendhu sampaikan Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 2 Tahun 2022 tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren.

Awali paparannya di Sabtu sore (23/04), Ranto sampaikan tujuan dibentuknya Perda ini yaitu : untuk memberikan dasar hukum bagi Pemda dalam melakukan fasilitasi penyelenggaraan pesantren, mendorong pengembangan pesantren yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, kreativitas yang tetap berbasis keislaman dan kearifan lokal, mendorong pesantren agar mampu menjadi entitas yang dapat memberdayakan masyarakat serta meningkatkan partisipasi sivitas Pesantren dalam penyelenggaraan pemerintah dan dunia usaha di Daerah.

BACA JUGA :  Wali Kota Pangkalpinang Sambut Hangat Audiensi Pengurus LDII Setempat

Bertindak juga sebagai Narasumber pada kegiatan ini adalah Ust. Kemal selaku Direktur Ponpes dan Hari Subari selaku Ketua BKPMRI Kabupaten Bangka.

” Perda ini sangat penting agar kita mengetahui bagaimana pengembangan ponpes kedepan. Pemprov Bangka Belitung melalui Perda Nomor 2 Tahun 2022 ini mengatur lebih baik tentang pengelolaan pesantren di Bumi Serumpun Sebalai, diantaranya salah satu fungsi Ponpes adalah menjadi pusat pendidikan berbasis agama Islam. Santri mendapatkan dua pendidikan yakni formal dan informal. Lembaga pendidikan harus saling bersinergi dan pemerintah sangat mendukung “, demikian sampai Hari Subari.

Ust. Kamal sampaikan pemerintah daerah sudah memberikan dukungan yang sangat baik kepada Ponpes di Babel diantaranya pemberian bantuan keuangan, sarana dan prasarana. Dengan adanya dukungan dari pemerintah, para santri harus mempunyai cita – cita yang besar sehingga nantinya dapat membantu pengembangan ponpes – ponpes yang ada.

BACA JUGA :  Festival Olahraga Pendidikan se Babel Resmi Ditutup, Babar Juara Umum

Setelah penyampaian materi Perda oleh narasumber, dilanjutkan dengan tanya jawab. Peserta yang hadir pada Penyebarluasan Perda ini sekitar 60 orang terdiri dari para santri dan anggota BKPMRI Kabupaten Bangka.(red)

Publikasi Setwan Babel 2022
Utari Marisa (Pranata Humas)