Jembatan Air Terong I Direnovasi, Arus Lalu Lintas Kendaraan Berat Menuju Tanjung Kelayang Dialihkan

oleh

FORUMKeadilanbabel.com, Belitung – Satker PJN Wilayah II Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui PPK 2.1 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengalihkan arus lalu lintas kendaraan berat menuju kawasan destinasi wisata Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi yang melintasi jalan Raya Tanjung Pandan – Tanjung Kelayang, Desa Terong, Kecamatan Sijuk, Belitung.

Hal ini dilakukan pasalnya saat ini Jembatan Air Terong I masih dalam tahap renovasi atau perbaikan untuk mendukung konektivitas masyarakat maupun wisatawan menuju kawasan destinasi pariwisata di sisi utara Pulau Belitung.

Bagi kendaraan berat dengan bobot di atas lima ton yang hendak menuju kawasan destinasi wisata Tanjung Kelayang atau Tanjung Tinggi maka sementara rutenya dialihkan melalui Jalan Sriwijaya kemudian Jalan Sijuk yang merupakan alternatif jalan nasional.

BACA JUGA :  Kemana Ucapan Karangan Bunga Selamat Berpisah dan Terimakasih Tertuju

“Karena beban yang dapat ditanggung oleh jembatan sementara Air Terong I saat ini bobotnya seberat lima ton saja, sehingga jika kendaraan berbobot di atas lima ton yang akan melintas di jalur tersebut sementara kami alihkan ke rute alternatif lain,” kata PPK 2.1 Provinsi Bangka Belitung, M. Sajad, ST MT dalam rilisnya kepada awak media, Senin (18/4/2022).

Sementara untuk jembatan Air Pegantungan I masih belum dibongkar dalam waktu dekat, menunggu pekerjaan “bore pile” jembatan Air Terong I selesai sehingga lalu lintas masih dapat melalui jembatan “eksisting”.

Ia berharap, masyarakat pengguna jalan dapat memaklumi situasi tersebut dikarenakan masih berlangsungnya pengerjaan proyek selama beberapa waktu ke depannya.

BACA JUGA :  Basis Asik Saka Wirakartika Kodim 0413/BKA, Hafis : Awal Yang Baik Bagi Kesatuan

“Konektivitas jalan menjadi salah satu elemen penting dalam pemulihan ekonomi dalam masa pandemi ini, salah satu bentuk dalam konektivitas jalan adalah jembatan. Secara fungsi, jembatan sebagai penghubung rute atau lintasan transportasi yang terpisah baik oleh sungai, rawa, danau, selat, saluran, jalan raya, jalan kereta api dan perlintasan lainnl,” ucapnya( red)