Aksi Unras Mahasiswa di DPRD Babel, Disambut Baik Pimpinan DPRD

oleh
Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi foto bersama mahasiswa peserta unras di gedung DPRD Babel, Senin (18/4/22). Foto: Ist

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG – Dengan berpakaian serba hitam, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam gerakan bersama rakyat (Gebrak) melakukan aksi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (17/04/2022) siang.

Dengan sikap tenang, Herman Suhadi, S. Sos Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyambut baik kedatangan para mahasiswa aksi.

Di tengah suasana riuh, sedikit memanas dan gaduh, namun, tak membuat ciut semangat ketua DPRD Herman Suhadi untuk mendengarkan dan mencairkan suasana aksi tersebut.

” Anggaplah saya sebagai orang tua, umur saya 54 tahun. Baik, tolong hargai saya, ketika tadi kawan-kawan bicara saya diam”, ujar, Ketua DPRD Herman Suhadi, ketika akan menjawab aspirasi dan tuntutan aksi para mahasiswa.

BACA JUGA :  Usai Diperiksa Jaksa, Mantan Gubernur Erzaldi Sebut Dirinya Dipanggil untuk Klarifikasi soal Perizinan

Ada beberapa aspirasi yang disampaikan dalam aksi tersebut, antara lain, terkait kelangkaan dan naiknya harga minyak goreng, kenaikan harga BBM, kenaikan pajak penambahan nilai (PPN) 11 persen, ibu kota negara (IKN) dan wacana tiga periode.

Tidak hanya itu, puluhan mahasiswa ini juga mendesak agar DPRD Babel untuk dapat menghadirkan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI ) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang berasal dari Daerah pemilihan (Dapil) Bangka belitung, supaya dapat mendengar dan beraudensi bersama mahasiswa aksi.

“Mengenai kami harus menghadirkan DPR RI dan DPD-RI, itu tidak bisa, karena itu bukan kewenangan kami” kata, legislator PDI-P Herman Suhadi.

” Kami DPRD Bangka Belitung klo disuruh menghadirkan gubernur, wakil gubernur insyaallah kami bisa, menghadirkan kepala dinas insya Allah kami bisa. Tetapi ketika menghadirkan DPR dan DPD-RI itu tidak bisa, karena mereka berkantor di jakarta, dan tidak ada regulasi yang mengatur itu”, terangnya.

BACA JUGA :  Bupati Riza Bersama Wabup Debby Berbagi Takjil Berbuka Puasa kepada Maayarakat

Sebelumnya, para Mahasiswa telah melakukan orasi di depan halaman gedung DPRD sejak pukul 13.00 wib dan tepat pukul 15.00 wib, mahasiswa meminta untuk masuk kedalam ruang paripurna. Melihat kondisi tersebut, Ketua dprd Babel Herman Suhadi, akhirnya mengizinkan para mahasiswa untuk masuk ke dalam ruang paripurna untuk menyampaikan aspirasinya.

Didalam ruang paripurna, berbagai spanduk berisi aspirasi mahasiswa satu persatu terpampang di dinding ruang paripurna, tak hanya itu, Ketua BEM dari berbagai kampus berkesempatan melakukan orasi di ruang paripurna DPRD Babel.

Sebelumnya, sekitar pukul 09.00 wib aksi serupa juga dilakukan puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus Bangka Belitung, yang disambut baik oleh wakil ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Amri Cahyadi, ST. MM. (red)

BACA JUGA :  Laksanakan Intruksi Bupati, Dinsos Perlindungan Anak Kabupaten Basel Berikan Bantuan Kepada Warga Desa Air Bara yang terkena Musibah