Gubernur Babel tak Pernah Larang ASN _Open House_

oleh
Gubernur Erzaldi Rosman, usai memimpin rapat persiapan peresmian Rumah Kreatif Melati, Minggu (17/4/22) di Pangkalpinang.

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman meluruskan pemberitaan di salah satu media _online_ yang memuat judul “Gubernur Babel Larang ASN Gelar _Open House_ Lebaran”.

“Saya luruskan, Gubernur Babel tidak pernah menyatakan hal tersebut. Kami para kepala daerah telah mendapat arahan dari Presiden RI bahwa, kepala daerah dilarang _open house._ Jadi saya tegaskan, tidak pernah mengeluarkan pernyataan melarang ASN _open house._ Yang saya katakan adalah, kami (kepala daerah) tidak menggelar _open house_ karena telah mendapat imbauan dari Presiden RI,” ujar Gubernur Erzaldi Rosman, seusai memimpin rapat persiapan peresmian Rumah Kreatif Melati, Minggu (17/4/22) di Pangkalpinang.

Nah, menyesuaikan imbauan dari presiden itulah, Erzaldi mengatakan kepala daerah yang dilarang menggelar _open house_ di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah karena dikhawatirkan menimbulkan kerumunan yang berpotensi terjadi penularan dan penyebaran Covid-19.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin Dukung Pelaksanaan Rakornas P2DD

“Saya tegaskan, tidak pernah ada imbauan atau edaran Gubernur Babel yang melarang ASN menggelar _open house._ Saya mengajak mari kita melaksanakan ibadah Ramadan ini dengan kebersihan hati dan semata-mata mencari rida kepada Allah Swt,” ujar penerima anugerah sebagai gubernur yang mampu menjaga Indeks Demokrasi “Baik” dari Kemenkopolhukam RI.

*Arahan Presiden RI*

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pejabat dilarang untuk melakukan aktivitas buka puasa bersama (bukber) dan menggelar _open house_ saat lebaran.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan keterangan pers terkait Kebijakan PPLN dan Panduan Protokol Kesehatan Ramadan dan Idul Fitri secara virtual, Rabu (23/3/2022).

Meski demikian, Jokowi memastikan seluruh umat muslim dapat kembali menggelar ibadah Tarawih secara berjemaah, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. (Ikp)

BACA JUGA :  Peringatan Hari Guru Nasional, Pengkab Basel Dorong Peran PGRI dan KORPRI Dalam membangun Bangka Selatan