Aktivitas Tambang Timah di Perairan Laut Sukadamai Toboali Kian Tak Terbendung

oleh
Ratusan mungkin ribuan ponton tambang beroperasi di perairan laut Sukadamai Toboali, Rabu (13/4/22).

 

FORUMKeadilanbabel.com, TOBOALI – Kendati sering diberitakan di berbagai media, aktivitas tambang ilegal  di perairan laut Sukadamai Toboali yang sejatinya dilarang untuk ditambang justru saat ini kian tak terbendung. Jumlahnya bukan hanya ratusan unit namun hingga ribuan unit.

Dari pantauan di lapangan, Rabu (13/4/22) terlihat ratusan bahkan hingga ribuan ponton tambang ilegal berbaris layaknya seperti armada kapal yang siap mengeksploitasi pasir timah dari kawasan yang dilarang untuk ditambang.

“Bukan lagi ratusan bang, mungkin ada ribuan ponton di sini. Mulai dari ipin ipin, selam dan lainnya,” ujar salah satu penambang yang mengaku bernama Mad saat dibincangi di lokasi.

Mad juga mengakui jika ada kelompok-kelompok tertentu yang menambang di perairan Sukadamai Toboali.

BACA JUGA :  Sidak Tambang Ilegal, Pj Gubernur: Kalau Mau Nambang Urus Izinnya

“Disini ada kelompok -kelompok, misalnya sebelah kiri sini, itu tidak sembarang bisa menambang. Mendekati saja diusir. Nah kalau mau aman menambang TI selam cuma bayar ke aparat (oknum, red) permalam 1 juta, kerjanya malam hari,” ungkapnya seraya menambahkan ada dua nama yang diketahui sebagai penampung timah ilegal di perairan laut Sukadamai Toboali.

“Sepengetahuan saya ya, ada dua orang yang menampung timah ilegal di sini, As dan Jk. Untuk yang lainnya, saya tidak tahu,” tukasnya.

Sementara itu, hingga berita ini ditayangkan pihak-pihak terkait sedang dalam upaya konfirmasi. (red).