UMKM Babel Sudah Siap ‘Menasional’

oleh
Pertemuan Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan RI, Ida Rustini dengan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi di Plaza Semanggi Jakarta, Rabu (6/4/22).

FORUMKeadilanbabel.com, JAKARTA – Wujudkan kekuatan UMKM di daerah, ida Rustini temui Melati Erzaldi di Plaza Semanggi Jakarta, Rabu (06/04/2022).

Sebagai Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan RI, Ida Rustini menemui Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi untuk sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, karena memandirikan pelaku usaha masih menjadi misi bersama.

Dua belas kementerian mendapat amanah untuk mengembangkan produk daerah agar ekonomi daerah yang sebelumnya sempat mengalami kontraksi dapat kembali pulih. Tak terkecuali Kementerian perdagangan, bertugas untuk mengembangkan pangan dan non pangan daerah, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA :  UPTD RPK Menjadi Narasumber Di Pelatihan Kemasan Dan Legalitas Produk UMKM Desa Penyamun

“Sejak awal pandemi, pelaku usaha khususnya kecil, yang paling merasakan dampaknya. Pemerintah pusat mulai menggerakan masyarakat untuk membeli produk UMKM Indonesia melalui program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” jelas Direktur Ida.

Dalam program ini, lanjutnya, masyarakat diharapkan lebih memilih untuk mengonsumsi dan menggunakan produk dalam negeri, yang sekaligus dapat membantu masyarakat pelaku usaha kecil dan menengah.

Dijelaskannya pula, bahwa kegiatan ini sudah dimulai sejak Februari lalu. Berbagai kerja sama dibangun dengan beberapa pihak seperti Bank Indonesia, Bank BCA, Mustika Ratu, Wingsfood, serta BUMN daerah seperti Angkasa Pura dan PT Timah.

Rangkaian kegiatan nantinyapun berbagai macam, seperti pameran yang diagendakan akan dilaksanakan di Summarecon tanggal 20-24 April 2022. Dengan memamerkan identitas Babel melalui produk makanan maupun non makan.

BACA JUGA :  Disambangi PWI Babel, Rektor UBB Siap Bangun Kolaborasi

Kota Jakarta dipilih sebagai tempat pelaksanaannya, selain sebagai ibu kota negara, juga karena Jakarta tempat berkumpul beragam etnis. Tentu harapannya agar produk Babel bisa menasional.

“Nanti acara puncak atau harvesting akan di adakan pada 11 Mei di Belitung dengan mengusung tema Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia. Akan ada banyak rangkaian kegiatannya, seperti lomba maraton, pop up market, pelepasan ekspor, dan lainnya,” jelas Direktur Ida.

Sementara Melati Erzaldi, menyambut bahagia program ini dengan antusias, baginya acara ini penting untuk UMKM Babel. Pada kesempatan seperti ini, produk daerah berkesempatan untuk dikenal lebih luas.

“Sudah dilakukan rebranding, kurasi, upgrade, dan perbaikan-perbaikan produk. Nanti untuk pameran produk, yang kita tampilkan sudah dipastikan produk terbaik,” ungkap Istri Gubernur Babel, Erzaldi Rosman ini.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Babel Hadiri Rapat Koordinasi Internal Keuangan Pembangunan Daerah

Momen ini harapannya, dapat menjadi parameter untuk mengevaluasi produk-produk UMKM Babel, hingga akhirnya dapat ditampilkan pula dalam pelaksanaan G20 di Belitong mendatang.

“Kami berharap dukungan penuh dari stakeholder terkait,” pungkas Melati Erzaldi.(ikp)