DPRD Gelar Paripurna Usulan Pemberhentian Gubernur Babel dan Wakilnya

oleh
Rapat paripurna DPRD Babel usulan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur Babel di ruang Paripurna gedung DPRD Babel, Kamis (7/4/22).

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG — DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Paripurna Usulan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Prov. Kep. Babel periode 2017 sampai dengan 2022, di ruang Paripurna Gedung DPRD Prov. Kep. Babel Kota Pangkalpinang, Kamis, (07/04/22).

Rapat yang dihadiri semua pimpinan DPRD Kep. Babel ini selain Usulan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Prov. Kep. Babel periode 2017 sampai dengan 2022 juga mengagendakan Penyampaian usulan perubahan peraturan DPRD tentang tata tertib.

“Agenda Paripurna ini adalah pengumuman usulan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Prov. Kep. Babel masa jabatan 2017 sampai dengan 2022 dan untuk diketahui pada tanggal 12 Mei 2022 Gubernur dan Wakil Gubernur akan mengakhiri masa jabatannya,” ujar ketua DPRD Babel, Herman Suhadi.

BACA JUGA :  Percepatan Penyiapan Infrastruktur Air Baku untuk Menunjang Kawasan Industri Sadai

“Memperhatikan surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 131/2188/OTDA Tanggal 24 Maret 2022 perihal usul pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2022 dengan mempedomani amanat UU Nomer 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah sebagaimana yang diatur dalam Pasal 78 ayat 1 huruf c dan ayat 2 hurup a dimana kepala daerah dan atau wakil kepala daerah diberhentikan karena berkahir masa jabatannya,” sambungnya.

Selanjutnya dikatakan Herman Suhadi, mempedomani ketentuan pasal 79 ayat 1 mengamanatkan bahwa pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud dalam pasal 79 ayat 1 hurup a dan b serta ayat 2 huruf a dan b diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Presiden melalui Menteri dalam negeri untuk Gubernur dan Wakil Gubernur agar mendapatkan penetapan pemberhentian.

BACA JUGA :  Inflasi di Kabupaten Belitung Terendah se-Indonesia

“Peraturan DPRD tentang tata tertib sebagaimana diatur dalam pasal 23 huruf e bahwa salah satu tugas dan wewenang DPRD adalah mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur kepada Presiden melalui Menteri dalam negeri agar mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentian serta atas nama DPRD Prov. Kep. Babel mengumumkan usulan pemberhentian Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan sebagai Gubernur Prov. Kep. Babel dan Drs Abdul Fatah, M.Si sebagai Wakil Gubernur Prov. Kep. Babel,” tandasnya.

Hadir dalam rapat Paripurna tersebut, Gubernur Kep. Babel Erzaldi Rosman bersama Wakil Gubernur Kep Babel Abdul Fattah, Kapolda Kep. Babel, Iren Pol. Yan Sultra Indrajaya, Kajati Babel, Daru Tri Sadono, Kasrem 045/Gaya, Kolonel Inf Parluhutan Marpaung, Sekda Kep. Babel, Naziarto, dan seluruh anggota DPRD Babel serta OPD Pemprov. Kep. Babel dan undangan lainnya.(red)

BACA JUGA :  Farel Siswa SD Negeri 6 Toboali, Sukses Tembus Runner Up GAPA dalam SIRNAS Kendara 2022