Tiga Lembaga Komitmen Tingkatkan Kapasitas Manajemen SDM Pelaku Usaha UMKM Babel

oleh

FORUMKeadilanbabel.com, Pangkalpinang-Tiga Lembaga yaitu Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Dinas Perindutrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung (Babel) dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama untuk meningkatkan kapasitas manajemen SDM Pelaku Usaha UMKM Bangka Belitung.

Komitmen kerjasama tersebut dituangkan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas manajemen Sumber Daya Manusia untuk para pelaku usaha UMKM Babel, yang dilaksanakan Selasa (5/4) di hotel Swiss Belhotel Pangkalpinang, Provinsi Babel dalam rangkaian acara Bangga Buatan Indonesia.

Ditektur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Ida Rustini pada saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, bimbingan Teknis yang dilaksanakan ini, merupakan salah satu bentuk komitmen Kementerian Perdagangan dalam hal penguatan dan pemberdayaan terhadap para pelaku UMKM yang akan menjadi batu loncatan bagi pengembangan usaha.

BACA JUGA :  Hadiri Bazar UMKM, Sekda Naziarto Harapkan Pelaku UMKM dapat Terus Berkiprah

Selain menghadirkan Bimtek terkait pengembangan produk lajut Dia, Direktorat P3DN juga hadir dalam Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM untuk para pelaku usaha. Dimana tujuan dari Bimtek tersebut untuk memberikan pembekalan terkait pengelolaan usaha, serta pembukaan akses menuju system pembayaran digital.

Dia juga menambahkan, apara pelaku usaha yang ikut kegiatan Bimtek meningkatkan kapasitas manajemen SDM pelaku usaha nantinya akan dilakukan seleksi dan dikurasi, untuk di ikut sertakan pada program fasilitasi Sertifikat Halal yang akan bekerjasama dengan LPPOM MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
“Dengan pembekalan dan fasilitasi sertifikasi tersebut, diharapkan menjadi penguat daya saing bagi usaha para peserta, yang pada akhirnya akan membawa peningkatan omset maupun pergeseran skala usaha menjadi lebih besar,” tuturnya.

BACA JUGA :  Ini 4 Poin Penting Hasil _Business Meeting_ Bersama CEO Xinyi Group

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustian dan Perdaangan Provinsi Babel Tarmin menginginkan para peserta Bimtek untuk menyimak dan menyerap ilmu yang diajarkan sehingga dengan seperti itu keterampilan dan pemahaman SDM pelaku UMKM Babel meningkat, dengan meningkat diharapkan bisa menyelesaikan segala ritangan yag di hadapinya.
“Atas nama Pemprov. saya mengucakan terima kasih kepada Kemendag RI, Babel dijadikan sebagai tempat kegiatan Bangga Buatan Indoensia. Untuk para peserta manfaatakan waktu ini sebaik-baiknya karena kesempatan untuk menambah ilmu, salah satu faktor keberhasilan usaha yaitu SDM nya, jika sudah handal SDM nya maka segala rintangan mudah diatasi,” ujarnya.

Farid Prihawanto Sub Koordinator Iklim Usaha Direktorat Jendral Perdaggangan Dalam Negeri menjelaskan bahawa kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Pelaku Usaha bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM UMKM dalam rangka pengembangan usaha.

BACA JUGA :  Infrastruktur Jalan merupakan Urat Nadi Perekonomian

Di mana kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari, yaitu Selasa sampai Rabu, di muali tanggal 5 sampai 6 April 2022 di Swiss Belhotel Pangkalpinang dengan target 50 peserta dari para pelaku usaha di bidang pangan dan non pangan yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya di wilayah Kota Pangkalpinang dan sekitarnya.

Dari 50 peserta tersebut akan dikurasi 30 peserta, untuk diikut sertakan dalam pendampingan Sertifikasi Halal yang bekerja sama dengan LPPOM MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
“kegiatan ini menghadirkan narasumber dari pemerintahan dan praktisi di bidang keuangan, manajemen, serta sertifikasi halal,” pungkasnya. (Mislam/Novirawati)