Gubernur Rotasi Sejumlah Pejabat Eselon di Pemprov Babel, M Haris Jabat Kepala Bakuda

oleh
Gubernur Erzaldi Rosman, saat melantik sejumlah pejabat eselon yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi Babel di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Kamis (31/3/2022).

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, melakukan rotasi dan pelantikan terhadap sejumlah pejabat eselon yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel. Pejabat yang dirotasi tersebut dari eselon II, III, dan eselon IV, yang berlangsung di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Kamis (31/3/2022).

Terdapat 5 (lima) nama pejabat eselon II atau setingkat kepala dinas yang dilantik siang itu. Beberapa nama di antaranya yakni, Ervawi yang sebelumnya sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan Babel, saat ini menjadi Kepala Dinas Pendidikan definitif. Selain itu, ada rotasi kepemimpinan di beberapa dinas lainnya.

Muhammad Haris, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Babel, kini mengemban amanah sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Babel. Sementara, Ferry Afriyanto yang sebelumnya memimpin Bakuda, menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Babel.

BACA JUGA :  Babel Tunggu Komitmen Pusat Persiapkan Presidensi G20 Belitong

Kekosongan di posisi Sekwan DPRD Babel diisi oleh Marwan S.Ag, yang sebelumnya sebagai Kepala DLHK Babel. Nama terakhir yang dalam pelantikan tersebut menghadirkan Yunan Helmi dan Susanto sebagai saksi, yakni Edi Romdhani. Ia dipercaya untuk menjalankan roda pemerintahan di Dinas Pertanian, dan Ketahanan Pangan (DPKP) Babel.

Rotasi ini, dikatakan Gubernur Erzaldi usai pelantikan, sebagai bentuk penyegaran, dan peningkatan terhadap kinerja para pejabat eselon dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Babel. Sebab, dari total 98 orang yang dilantik langsung maupun virtual, terdapat nama-nama yang telah mendedikasikan dirinya di satu instansi lebih dari 4 (empat) tahun.

“Rotasi ini kan sebagai hasil evaluasi juga, artinya mutasi dan rotasi ini tentunya kita lakukan dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Keberadaan staf-staf ini biar lebih bersemangat dalam bekerja, di samping kita harus me-refresh,” ujarnya.

BACA JUGA :  Perkuat Misi Dagang Antar Provinsi, Babel Teken MoU dengan Jatim

Gubernur Erzaldi juga menyebutkan jika rotasi dan mutasi yang dilakukannya, merupakan bentuk tanggung jawab dirinya sebagai pimpinan tertinggi di Pemprov. Babel, agar setiap Perangkat Daerah (PD) dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin, terlebih jika berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.

“Rotasi ini biasa-biasa saja, bukan karena gubernur mau habis masa jabatannya terus kaku-kaku. Tidak, biasa saja. Ini masih tanggung jawab saya, yang penting sesuai dengan aturan. Siapa pun gubernurnya nanti jalankan dengan baik, yang penting tujuannya adalah untuk kemajuan daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” katanya.

Ia memberikan mandat khusus kepada para kepala dinas yang baru dilantik tersebut dengan menyiapkan kontrak kinerja. Dari sini, dirinya (Gubernur Erzaldi) akan menjadikan kontrak kinerja tersebut sebagai bahan evaluasi. Untuk itu, ia berharap agar para kepala dinas dapat memimpin dinasnya masing-masing, dan dapat mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, baik di level eselon III, IV, maupun staf-staf lainnya.

BACA JUGA :  Layanan J&T Mengecewakan, Paket Janji Diantar, Ternyata Disuruh Ambil Ke Drop poin

“Maka, kehadiran bapak/ibu sekalian di sini, yang dirotasi, sudah dipertimbangkan sebaik mungkin. Tujuannya untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja kita dalam rangka pelayanan kepada masyarakat. Tantangan ke depan itu sangat berat. Sepeninggalan kami nanti, kondisi Babel jangan menurun, harus lebih maju dan lebih baik, karena mempertahankan itu lebih berat daripada meraih kesuksesan,” katanya.(ikp)