Wagub Buka Diklat _Government Transformation Academy_

oleh
Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah saat membuka pelatihan _Government Transformation Academy_ (GTA) 2020 di Kantor BKPSDM Babel, Senin (21/3/2022).

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah berkesempatan membuka pelatihan _Government Transformation Academy_ (GTA) 2020 di Kantor BKPSDM Babel, Senin (21/3/2022).

Pelatihan ini diselenggarakan Pusat pendidikan dan Pelatihan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) guna meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Wakil Gubernur Abdul Fatah menuturkan bahwa, pelatihan ini sebagai upaya peningkatan kompetensi dan keahlian ASN, terutama dalam pemahaman dan penguasaan teknologi informasi era revolusi industri 5.0.

Apalagi di saat pandemi Covid-19, yang dituntut meningkatkan literasi digitalnya dalam mewujudkan digitalisasi pemerintahan melalui pemanfaatan kecerdasan buatan _(artifical intelligence)._

“Sebagai respon atas perubahan perilaku dan kebutuhan layanan masyarakat di era digital ini, peningkatan kapasitas dan kompetensi ASN harus diikuti dan mengintegrasikan seluruh area layanan sehingga mampu menciptakan suatu nilai tambah yang memberikan kepuasan kepada masyarakat,” tuturnya.

BACA JUGA :  Sidak Tambang Ilegal, Pj Gubernur: Kalau Mau Nambang Urus Izinnya

Pelatihan ini juga dilakukan untuk percepatan terwujudnya _smart_ ASN yang menjadi prioritas utama dan mendukung keberhasilan reformasi birokrasi, yakni ASN yang menguasai teknologi, bahasa internasional, berwawasan global, dan memiliki integritas nasional.

Pelatihan ini juga sudah pernah diselenggarakan BKPSDM Babel pada tahun 2021. Beberapa program yaitu _Digital Public Relation, Junior Grafis Designer, Network Administrator, Analyst Media Social, IT Business Analyst, IT Project Manager, dan Government Process Reenginering_ dengan total ASN mengikuti berjumlah 177 orang.

Pada tahun 2022 ini, ada sembilan program pelatihan GTA meliputi pelatihan _Cybersecurity Essentials, Digital Public Relation angkatan I, Junior Graphic Designer, Network Administrator, Data Science Fundamental, Analyst Media Sosial, IT Business Analyst, Government Process Reenginering dan Digital Learning_ dengan sasaran 270 ASN. (Ikp).

BACA JUGA :  Sekda Ajak Persikindo Jadi Motivator Majukan UMKM