Pesawat Tempur Hiasi Langit Bumi Perkemahan

oleh
Puluhan pesawat aeromodelling dari komunitas di Babel.

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG – Jambore Daerah (Jamda) Kwarda Bangka Belitung (Babel), Senin (21/3) resmi dibuka bertempat di Bumi Perkemahan Gerakan Pramuka Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Dibuka oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, peserta Jamda dikagetkan dengan atraksi pesawat tempur yang menghiasi langit bumi perkemahan Depati Amir.

Namun ini bukan pesawat tempur sungguhan, melain pesawat aeromodelling dari komunitas di Babel. Aeromodelling sendiri adalah suatu kegiatan yang mempergunakan sarana miniatur (model) pesawat terbang untuk tujuan rekreasi, edukasi, olahraga dan bisnis.

Kegiatan ini umumnya digemari oleh peminat ilmu pengetahuan dan teknologi secara perorangan ataupun yang tergabung dalam organisasi sosial kemasyarakatan, yang digunakan untuk menyebarluaskan minat kedirgantaraan di bidang aeromodelling salah satunya seperti Pramuka melalui SAKA (Satuan Karya) Dirgantara.

BACA JUGA :  Sekda Ajak Persikindo Jadi Motivator Majukan UMKM

Pesawat-pesawat ini dibawa dari komunitas Aeromodelling yang diperkirakan berjumlah 25 unit, terdiri dari pesawat latihan untuk pemula dan pesawat tempur untuk professional.

Penampilan atraksi dari pesawat-pesawat aeromodelling membuat seluruh warga perkemahan terpukau atas penampilan atraksi dari pesawat-pesawat aeromodelling yang diberikan oleh para pilot pesawat aeromodelling.

“Menyebarkan virus kedirgantaraan adalah tujuan utama kami untuk melatih kedispilinan, ketenangan, dan fokus peserta didik,” kata Kak Agus selaku Instruktur Aeromodelling Babel.(rel)