Tetap Hitam dan Berkilau, ini Cara Merawat Rambut Secara Alami

oleh
https://pixabay.com/photos/oil-discharge-coconut-coconut-oil-2794477/ Banyak kaum hawa mencari alternatif cara merawat rambut secara alami. Sebab, saat ini produk perawatan rambut dinilai cukup mahal. Jika harus menghabiskan banyak biaya untuk perawatan rambut saja, tentu saja membuat boros. Meski begitu, memiliki rambut sehat dan hitam berkilau menjadi salah satu impian banyak orang, terutama wanita.
Cara Merawat Rambut agar Tetap Hitam dan Mengkilap

Banyak dari kaum hawa merasa perawatan rambut sangatlah mahal. Mulai dari pembelian shampo, tonik rambut, masker rambut, dan lain-lain. Namun, selain menggunakan bahan-bahan yang sudah Anda kenal itu, Anda juga bisa tetap melakukan perawatan rambut dengan secara alami.

Kira-kira apa saja cara merawat rambut secara alami. Cara lengkapnya bisa langsung Anda simak di bawah ini.

1. Gunakan Minyak Alami

Cara merawat rambut secara alami yang pertama adalah dengan mengoleskan minyak ke kulit kepala dan rambut. Usahakan untuk menggunakan minyak dengan bahan alami seperti minyak kelapa, minyak kemiri, minyak zaitun, minyak almond, dan lain-lain. Anda juga bisa mencampurkan bahan-bahan minyak dengan minyak esensial seperti tea tree oil atau peppermint oil.

Tujuan dari penggunaan minyak ini untuk melembutkan serta melembabkan rambut kering dikarenakan kerusakan dan merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat. Cara ini bisa Anda lakukan dengan memijat kepala selama 30 – 60 menit sebelum keramas.

2. Batasi Alat Penata Rambut               Cara kedua dalam perawatan rambut ini adalah dengan mengurangi penggunaan alat penata rambut berlistrik. Contohnya seperti hair dryer, pelurus, serta pengeriting rambut. Karena alat-alat tersebut dapat memperparah kerusakan rambut jika digunakan terlalu sering dan pada suhu yang terlalu tinggi.

Rambut yang selalu terpapar suhu panas dari alat-alat tersebut biasanya akan kehilangan kandungan minyak serta kelembaban alami rambut. Sehingga rambut Anda akan menjadi lebih rapuh, bercabang, dan mudah rontok.
Apabila Anda masih ingin menggunakan peralatan untuk perawatan rambut tersebut, pastikan bahwa suhu yang di-setting tidak terlalu panas dan usahakan agar alat tersebut tidak terlalu lama menempel di rambut.

3. Gunakan Masker Rambut Alami Secara Rutin
Cara ketiga yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan efektif adalah dengan menggunakan masker rambut alami. Seperti masker rambut yang terbuat dari telur, lidah buaya, alpukat, yogurt, pisang, madu dan lain-lain
Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan bahan-bahan alami yang telah dipilih. Lalu campurkan dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan ke rambut sekitar 30 – 60 menit sebelum memulai keramas.
Penggunaan masker rambut secara rutin dapat membawa banyak manfaat. Contohnya seperti mengurangi kerusakan rambut, rambut menjadi lebih kuat, dan menyehatkan kulit kepala.

4. Hindari Sinar Matahari Langsung
Usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Karena seperti kulit, rambut yang sering terkena sinar matahari langsung akan membuatnya menjadi cepat rusak, kusam, dan mudah rontok. Sehingga penting sekali ketika beraktivitas di luar ruangan untuk menggunakan topi atau payung agar rambut tetap terlindungi.

5. Guntinglah Rambut Secara Teratur
Cara selanjutnya untuk merawat rambut secara alami adalah dengan menggunting rambut secara teratur.

Setidaknya Anda harus melakukan ini minimal 2 bulan sekali. Cara yang satu ini sangat disarankan bagi Anda yang sering menggunakan alat penata rambut panas. Fungsinya sendiri untuk mendorong pertumbuhan rambut baru.
Sehingga, sel rambut yang lama bisa terbuang. Ketika melakukan pemotongan rambut ini usahakan pakai gunting yang tajam. Menggunakan gunting tumpul akan mempengaruhi kerusakan di ujung rambut yang semakin parah.

6. Hindari Perawatan Rambut dengan Bahan Kimia Keras
Ketika Anda merawat rambut rusak, hindari berbagai macam perawatan rambut yang memakai bahan kimia keras. Contohnya dengan bleaching atau mewarnai rambut. Karena kedua bahan dalam perawatan rambut tersebut biasanya menggunakan bahan-bahan kimia.

Penggunaan bahan kimia berlebih tentu tidak baik untuk kesehatan rambut. Beberapa diantaranya menyebabkan rambut kering dan kusam. Sebab, bahan kimia yang keras cenderung menghilangkan kelembaban alami pada rambut.

7. Cukupi Asupan Nutrisi
Cara terakhir yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mencukupi asupan nutrisi di dalam tubuh. Hal ini dapat memperkuat rambut dari dalam. Nutrisi yang baik bagi rambut adalah makanan dan minuman yang mengandung protein, vitamin D, biotin, asam lemak omega-3 dan zat besi.

Anda bisa memperoleh kandungan alami di atas melalui berbagai macam produk makanan. Seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, telur, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, dan ikan.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk banyak minum air mineral setiap hari, mengelola stress, dan menghindari keramas terlalu sering.
Anda dapat melakukan keramas maksimal 1 sampai 2 hari ketika kulit kepala terasa berminyak dan rambut kotor. Usahakan ketika mengeringkan rambut menggunakan handuk saja dan jangan menggosok terlalu kencang agar tidak semakin rusak.

Selain cara diatas, rambut Anda dapat dirawat dengan bahan alami seperti bawang bombay. Bawang satu ini bisa membantu Anda mengurangi rambut rontok dan membuat rambut menjadi lebih hitam dan berkilau secara alami.
Anda cukup menghaluskan bawang bombay dan mencampurkannya dengan minyak zaitun. Lalu, oleskan ke rambut selama 30 – 60 menit sebelum keramas. Lakukan cara ini setiap seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bawang bombay ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui Blibli. Marketplace terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai macam kebutuhan pelanggan. Mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga perlengkapan gaya hidup lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan harga terbaik melalui berbagai macam diskon dan promo yang ada di Blibli. Yuk, lengkapi cara merawat rambut secara alami Anda bersama Blibli.(red)