DPRD Babel Wacanakan Penganggaran DED Dermaga Desa Penagan

oleh
Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daweah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Rabu (9/3/22)

FORUMKeadilanbabel.com, PENAGAN – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan kunjungan kerja ke Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka untuk meninjau langsung kondisi dermaga (jetty) yang terancam abrasi ke bibir pantai.

“Ini kalau air laut sedang pasang, apalagi di musim hujan ekstrem selalu menggenangi rumah-rumah warga sekitar.” Ujar, Ismail A’san, Kepala Desa Penagan, mengadukan masalah yang dihadapi warganya kepada Komisi II, Rabu (9/3).

Komisi II DPRD Babel yang dikomandoi Adet Mastur, SH, MH, mengadakan pertemuan singkat dengan aparatur desa setempat sebelum meninjau langsung kondisi jetty yang sebagian terlihat sudah mengalami kerusakan.

Dalam pertemuan tersebut diungkapkan wacana Komisi II untuk memperjuangkan pembangunan kembali dermaga yang sangat dibutuhkan oleh warga Penagan yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

BACA JUGA :  Jaringan Pipa Distribusi dan Tersier Kecamatan Gerunggang Diresmikan

“Setelah melihat langsung kondisi dermaga tambat labuh ini, kita di DPRD akan berusaha memperjuangkan pembangunannya yang barang tentu dimulai dengan detail enginering desing (DED) terlebih dahulu.” Kata Adet.

Lebih jauh, Adet menyebutkan jika kehadiran dirinya bersama sejumlah anggota komisi II lainnya ini sekaligus untuk memastikan status lahan dari lahan dari jetty tersebut yang ia harapan kan tidak masuk kedalam kawasan hutan.

“Menurut keterangan dari Bapak Kades, lahan dimana lokasi jetty ini berada tidak masuk ke dalam kawasan hutan, bahkan rumah-rumah warga yang berada di sekitar dermaga ini juga memiliki status yang jelas dan sudah bersertifikat. Terkait kapan akan di bangun, itu akan kita perjuangkan terlebih di RAPBD pada tahun anggaran 2023 mendatang. Mudah-mudahan terealisir.” Tutup Adet.

BACA JUGA :  Bupati Riza Ajak Masyarakat Semarakkan Event Basel Bekecak

Bersama Adet Mastur, turut hadir dalam kunjungan kerja peninjauan lapangan tersebut Anggota Komisi II DPRD Babel Mansah, Haji Mulyadi, Heryawandi, Mata Sumitra serta di dampingi sejumlah staf terkait. (stwan)