Dengarkan Keluhan Sopir Truk, Gubernur Segera Panggil Pertamina

oleh
Gubernur Erzaldi Rosman, saat menghadiri Hari Jadi Romantika Sopir Truk Indonesia (RSTI) ke-4 di Pantai Mang Kalok Kawasan Lintas Timur, Desa Rebo, Kabupaten Bangka, Minggu (6/3/22).

FORUMKeadilanbabel.com, SUNGAILIAT – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, turut menghadiri Hari Jadi Romantika Sopir Truk Indonesia (RSTI) ke-4 di Pantai Mang Kalok Kawasan Lintas Timur, Desa Rebo, Kabupaten Bangka, Minggu (6/3/22).

Kehadiran Gubernur disambut oleh ratusan sopir truk yang tersebar dari seluruh nusantara. Dalam sambutannya, ia menanggapi masukan dari para sopir terkait masih terjadinya kelangkaan BBM jenis solar subsidi, yang mengakibatkan terjadinya antrean yang panjang di sejumlah SPBU di Babel.

Gubernur mengungkapkan, pihaknya sebelumnya telah menerbitkan Kartu Kendali BBM jenis solar _(Fuel Card)_ untuk mengatur lajunya pendistribusian penjualan solar subsidi tersebut, bahkan penerapan _fuel card_ itu telah diikuti oleh provinsi lain di Tanah Air. Namun, fakta di papangan masih terdapat SPBU yang menjual solar kepada kendaraan melebihi batasan jumlah yang ditetapkan.

BACA JUGA :  Kemana Ucapan Karangan Bunga Selamat Berpisah dan Terimakasih Tertuju

“Kita minta pihak Pertamina tegas menanggapi hal ini. Insyaallah Selasa depan kita jadwalkan pertemuan dengan Pertamina dan Hiswana Migas, dan perwakilan RSTI saya undang untuk ikut hadir dalam rapat tersebut,” ungkap Gubernur yang disambut riuh tepuk tangan para sopir truk.

Disamping itu, terkait alur distribusi pengiriman barang yang masih terjadi antrean panjang di Pelabuhan Api-Api Palembang, gubernur mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat ke Pemprov Sumsel, karena merupakan kewenangan mereka. Namun, hingga kini baru infrastruktur jalan yang sudah dibenahi.

“Tapi kita bersyukur, kalau di Pelabuhan Muntok yang menjadi domain kita tidak terjadi antrean panjang,” jelasnya.

Menurut gubernur, pada akhir tahun ini pengiriman berbagai komoditi ke dan dari Babel akan lebih singkat, hal itu dikarenakan sudah ada MoU _(Memorandum of Understanding)_ antara Pemprov Babel dan Lampung untuk membangun akses transportasi laut, yang menghubungkan kedua wilayah itu.

BACA JUGA :  Sidang Kasus Penyerangan, Saksi Ungkap Peristiwa Itu, Betul-betul Terjadi di Depan Mata

Nantinya konektivitas aksesnya yakni dari Mesuji-Tanjung Pandan, maupun Mesuji-Sadai. Dengan adanya pemangkasan ini, yang selama ini semua pengiriman harus lewat Sumsel, dapat mengurangi biaya akomodasi dan dapat meningkatkan nilai tambah.

“Jadi, pandai-pandailah kalian mencari pasar jika itu sudah beroperasi, terutama yang berkaitan dengan komoditi perikanan,” ungkapnya.

Menutup sambutannya, Gubernur Erzaldi berharap organisasi RSTI ini harus terus terberdaya, tentunya dengan keaktifan anggotanya untuk memberikan masukan kepada pemerintah.

“Dan terakhir, untuk anggota RSTI wajib untuk terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Organisasi harus bantu secara kolektif pendaftarannya, banyak manfaat dari keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan, selain untuk diri sendiri, juga untuk keluarga kita,” pungkasnya.

Berbagai kegiatan mewarnai aktivitas Hari Jadi RSTI ke-4, diantaranya kopdar gabungan dengan seluruh komunitas RSTI se-Indonesia, serta aksi bakti sosial untuk anak yatim dan masyarakat yang membutuhkan. Tak hanya itu, guna menanggulangi Pandemi Covid-19, ada giat vaksinasi dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA :  Basis Asik Saka Wirakartika Kodim 0413/BKA, Hafis : Awal Yang Baik Bagi Kesatuan

Dalam kesempatan tersebut, gubernur juga menyerahkan kartu kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada anggota RSTI, serta piagam pengharaan untuk RSTI Korwil Babel atas partisipasi aktif anggotanya dalam keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan bakti sosial untuk anak yatim, dan penyerahan plakat dari ketua umum RSTI kepada Gubernur Erzaldi. Sebelum meninggalkan acara, ia menyempatkan untuk berfoto bersama.(Ikp)