Akselerasi Vaksinasi dan Patuhi Protokol Kesehatan Menjadi Salah Satu Kunci Utama Pengendalian Covid-19

oleh
Mikron Antariksa

KFORUMKeadilanbabel.com, BANGKA BELITUNG – KasusHarian Covid-19 di Prov. Kep. Bangka Belitung (Babel), terus mengalami lonjakan. Hingga pengujung Februari, sebanyak 3.933 orang terpapar covid-19.

Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa mengatakan, dari 3.933 kasus, 996 pasien diantaranya dinyatakan sembuh.

“Hingga 24 Februari, total jumlah kasus 3.933 kasus, untuk pasien sembuh ada 966 orang, sehingga kasus aktif sebanyak 2.981 orang,” kata Mikron, Kamis, 24 Februari 2022.

Selain kasus positif melonjak, pasien meninggal pun demikian. Selama Februari, sudah 16 pasien dinyatakan meninggal karena covid-19.

“Total kasus kita 56.400 kasus, sembuh 51.941 orang dan meninggal 1.478 orang,” ujarnya.

Menurutnya lonjakan kasus terus terjadi setiap hari ini dikarenakan tingginya mobilitas masyarakat, sementara disiplin Prokes masyarakat semakin rendah.

BACA JUGA :  Sekda Ajak Persikindo Jadi Motivator Majukan UMKM

Selain itu yang menyebar saat ini diindikasi sebagai virus varian Omicron yang bisa menyebar dengan cepat, ada beberapa contoh terjadi dibeberapa kluster seperti Dinkes, Instansi Vertikal dan Perwakilan. Selain itu juga dari hasil uji sampel dari 100 sampel 90 persen sudah probabel Omicron.

Varian Omicron ini bergejala ringan dan sebagian besar tanpa gejala dan tidak merasakan adanya virus di dalam tubuhnya sehingga penularan yang terjadi bisa masif di masyarakat.

Terkait dengan melonjaknya Kasus Harian Covid-19 di Prov. Kep. Babel kami telah mengambil langkah – langkah diantaranya :

1. Terus berupaya mengingatkan masyarakat untuk ikut vaksinasi dan melaksanakan vaksinasi secara masif guna pencegahan pemburukan kesehatan.

BACA JUGA :  Disperindag Babel Bersama Kesbangpol Babel Bangkitkan Semangat Hari Kebangkitan Nasional Ke-114

2. Terus melakukan sosialisasi, edukasi dan penindakan tentang penggunaan Prokes secara baik dan benar terutama dengan penggunaan masker, kami rencanakan ada gerakan pemakaian masker dan penggunaan masker pada bulan maret nanti.

3. Menegakkan dan menjalankan Perda No. 10 Tahun 2010 tentang Prokes, Pergub No. 3 Tahun 2022 tentang penggunaan aplikasi PL dan Intruksi bersama Forkopimda tentang pelaksanaan PPKM level 3 di Prov. Kep. Babel

Mikron menambahkan pihaknya tidak bosan-bosan mengimbau masyarakat untuk tetap patuh dan disiplin dalam menerapkan Prokes agar lonjakan kasus ini cepat melandai, serta segera melakukan Vaksinasi guna menghindari dampak terburuk bagi kesehatan tubuh.(red).