Siswa SMA Negeri 1 Manggar Tunjukkan Kualitas dengan Kreativitas

oleh
Gubernur Erzaldi bersama istri saat hadir pada acara _grand final_ "Semarak Merdeka Berkarya" di halaman SMA Negeri 1 Manggar, Jumat (3/2/22).

FORUMKeadilanbabel.com, MANGGAR – Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), berhasil membuat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman terpukau dengan penampilan karya seni tari dan musik yang dipertontonkan para pelajar sekolah tersebut, pada _grand final_ “Semarak Merdeka Berkarya” di halaman SMA Negeri 1 Manggar, Jumat (3/2/22).

Para siswa menampilkan berbagai jenis tarian nasional dari berbagai daerah di Indonesia, dan juga tarian kolosal persembahan grup angkatan 39 SMA Negeri 1 Manggar, kolaborasi musik modern dan angklung, serta beberapa pertunjukan seni lainnya di pentas yang diselenggarakan Honda melalui program _Honda Osis Challenge._

Gubernur Erzaldi yang pada kunjungan tersebut didampingi sang istri, Melati Erzaldi, menjelaskan jika prestasi tidak hanya diukur dari capaian akademik semata, tetapi juga dapat terlihat dari bakat yang dimiliki masing-masing siswa, salah satunya melalui karya. Untuk itu, ia mengapresiasi kegiatan-kegiatan serupa untuk terus diselenggarakan di Bumi Serumpun Sebalai.

BACA JUGA :  Keluarkan Rekomendasi ke Perusahaan Swasta, Kejati Babel akan Periksa Mantan Gubernur Erzaldi

“Dengan banyaknya kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan kreativitas anak bangsa ini, saya yakin dan percaya anak-anak SMA Negeri 1 Manggar ini Insya Allah dapat membaca peluang ke depan,” ujarnya.

Karya yang ditunjukkan siswa-siswi SMA Negeri 1 Manggar, diungkapkannya menjadi bukti kekayaan kreativitas pada sumber daya manusia (SDM) di sekolah, khususnya para pelajar. Gubernur pun berpesan agar para siswa terus meningkatkan nilai prestasi, dan mampu bersaing di era gobalisasi saat ini.

“Terus kita dorong (kegiatan) ini, karena anak-anak bangsa ini harus dapat menghadapi tantangan globalisasi dan tantangan teknologi yang semakin maju. Kalau mereka biasa-biasa saja kasian mereka. Mereka juga harus tampil menjadi anak-anak yang luar biasa. Itulah kunci kita menghadapi tantangan ke depan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kepemimpinan Riza Debby Kembali Ukir Prestasi Bidang Perlindungan Pekerja

“Apa-apa yang telah mereka pelajari selama ini tidak sekadar hanya teori, tetapi juga pembelajaran hati, karakter, _attitude_ mereka. Semua itu didasari juga dengan akhlak, _attitude_ dan iman. Sehingga, ke depan mereka akan berhasil mengimplementasikan pengabdiannya kepada masyarakat dengan baik,” katanya.

Gubernur Erzaldi juga memberikan apresiasi kepada para guru sebagai pendamping, yang dinilainya telah berhasil mendidik para siswa. Tidak hanya itu, kekompakan juga diperlukan antara guru, wali siswa, yayasan, maupun komite untuk terus menumbuhkembangkan kreativitas, serta akademik para siswa secara maksimal.

“Saya apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terus mendorong, terutama SMA/SMK untuk membuat siswa-siswinya lebih kreatif. Ke depan tantangan berat, dukungan perlu sangat dibutuhkan. Hari ini alhamdulillah di sini (SMA Negeri 1 Manggar) sudah menerapkan itu. Siswa didorong berpikiran besar, dan dibiasakan berusaha,” ujarnya.

BACA JUGA :  Polisi Dalami Keterlibatan Abok Bos Kolektor Timah Akim?

Sementara itu, Bupati Belitung Timur Burhanuddin, juga memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Semarak Merdeka Berkarya yang diikuti seluruh SMA/SMK se Pulau Belitung. Ia berpesan para siswa mampu membuktikan diri sebagai penerus bangsa yang berkualitas menyongsong era 5.0, dengan menyiapkan diri dengan prestasi, berpikir, bertindak, dan berkreasi dengan baik.

“Mari manfaatkan dunia teknologi sebaik-baiknya jangan melakukan hal jelek, namun menyerap teknologi yang santun sehingga menciptakan generasi emas, dan menanamkan disiplin. Jauhi narkoba dan bersikap arif dan sopan untuk keberlangsungan daerah,” pungkasnya.(Ikp)