Ketua KPK, Firli Bahuri: Media harus ambil peran pengawalan dan penguatan pemberantasan korupsi

oleh
Ketua KPK, Firli Bahuri bersama ketua JMSI Babel, Nico Alpiandi dalam acara Pengukuhan Pengurus Daerah JMSI di Bandung, Kamis (20/1/22).

FORUMKeadilanbabel.com, BANDUNG – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengatakan bahwa media punya peran strategis mendorong pemberantasan korupsi termasuk membangun sistem pencegahan korupsi.

Sebab korupsi ada karena sistem yang buruk, gagal dan lemah. Hal tersebut disampaikan Firli Bahuri saat menjadi Keynote Speaker pada acara Pengukuhan pengurus daerah Jaringan Media Siber (JMSI) Jawa Barat periode 2022-2025, Jumat (21/1/2022) di Bandung.

“Dengan keterbukaaan seharusnya sudah tidak ada lagi korupsi, semua pengurusan sudah dengan sistem digital,” ujar Firli.

Firli juga mengucapkan selamat atas kerja keras Pengurus Pusat JMSI telah menjadi Kontituen Dewan Pers (DP).

Untuk itu menurut Firli, JMSI harus mampu mendistribusikan informasi. Lebih dari itu media memiliki peran strategis. Produk jurnalistik sangat memberikan pengaruh pada pembaca.

BACA JUGA :  Kejati Lakukan Penyerahan Tersangka dan Barang Bukti Kasus Korupsi Pencairan Deposito dan Dana Hibah KONI Sumsel

“Teori komunikasi itu, apa yang dibaca itu yang akan teringat,” ujar Firli.

Lebih lanjut mantan Kapolda Sumatera Selatan tersebut menyampaikan bahwa media bisa mengubah dan mengembangkan budaya dan membangun perubahan dan mewujudkan tujuan negara.

“Maknanya jika produk jurnalistik positif maka kita juga telah mewujudkan tujuan negara, begitu juga sebaliknya. Media sangat punya peran mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

KPK sendiri menurut Firli berkepentingan dengan media. Dalam orkestrasi pemberantasan korupsi, media harus terlibat dalam orkestrasi pemberantasan korupsi.

Menurutnya, dalam orkestrasi kamar kekuasaan legislatif terutama dalam proses penganggaran (perencanaan, pembahasan dan pengawasan) oleh DPR, media harus ikut mengawalnya.

“Sama halnya dengan orkestrasi pemberantasan korupsi di kamar kekuasaan eksekutif dan yudikatif. Media harus ambil peran melakukan pengawalan dan penguatan pemberantasan korupsi,” pungkas Firli Bahuri.

BACA JUGA :  Kejati Lakukan Penyerahan Tersangka dan Barang Bukti Kasus Korupsi Pencairan Deposito dan Dana Hibah KONI Sumsel

Sebelumnya Ketua UMUM JMSI Teguh Santosa, menyampaikan apresiasi para pengurus JMSI sehingga bisa menjadi konstituen Dewan Pers. Karenanya, diharapkan agar JMSI terus kibarkan bendera se nusantara.

Acara ini juga dikemas dengan pelantikan JMSI Jawa Barat oleh Ketua Umum JMSI Teguh Santosa, Sekjen Mahmud Marhaba, yang dihadiri oleh seluruh Ketua JMSI tingkat Provinsi se Indonesia.

Dan 12 Pengda Propinsi diberikan penghargaan atas dedikasi yang tinggi verifikasi JMSI sebagai konstiteun pers.

Sementara Ketua JMSI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Nico Alpiandy, Jumat petang, mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan pelantikan Pengurus JMSI Babel.

Tidak menutup kemungkinan Ketua KPK Firli Bahuri bisa hadir saat pelantikan pengurus JMSI Babel.

BACA JUGA :  Kejati Lakukan Penyerahan Tersangka dan Barang Bukti Kasus Korupsi Pencairan Deposito dan Dana Hibah KONI Sumsel

“Semoga kita bisa ajak Pak Firli datang ke Pelantikan JMSI Babel nanti,” kata Nico.

Editor: Romli