Resmikan Gedung Perpustakaan Umum Daerah, Begini Ajakan Bupati Mulkan

oleh
Bupati Bangka, Mulkan saat memberikan sambutan dalam acara peresmian gedung Perpustakaan Umum Daerah, Rabu (19/1/22).

FORUMKeadilanbabel.com, BANGKA – Setelah direnovasi, eks kantor bupati Bangka yang lama akhirnya diresmikan sebagai Gedung Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) oleh Bupati Bangka, Mulkan, Rabu (19/01/22).

Kegiatan peresmian ini, selain dihadiri Forkopimda Kabupaten Bangka, juga tampak hadir sejumlah OPD, Camat, Lurah dan elemen masyarakat lainnya.

Peresmian ini dilakukan dengan memotong pita dan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Bupati Bangka Mulkan.

Dalam sambutannya, Mulkan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bangka untuk memanfaatkan perpustakaan tersebut dengan baik. Tak lupa, ia mengingatkan bahwa dengan gemar membaca akan memiliki wawasan yang luas.

“Kita harus gemar membaca, karena dengan membacalah kita akan mendapat wawasan dari ilmu pengetahuan,” kata Mulkan mengingatkan.

BACA JUGA :  PN Sungailiat Launching Inovasi SALAM SATU, Zulkifli: Semua Layanan dalam Satu Pintu Berbasis Whatsapp

Orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini juga menyampaikan jika Kabupaten Bangka menerima bantuan DAK fisik subbidang perpustakaan senilai Rp 2.3 miliar. Dana tersebut dialokasikan untuk memperbaiki Eks Kantor Bupati menjadi gedung Perpusda sekaligus Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

“Untuk inovasi kami ada namanya Teralis yakni (Terampil Menulis) yang melakukan pembinaan dan pelatihan kepada anak dan masyarakat yang ingin menjadi penulis,” ungkap Mulkan.

“Sedangkan untuk taman bacaan setiap desa sudah ada, karena itu sudah jadi komitmen dengan pihak desa,
harus membentuk perpustakaan desa. Yang jelas Kabupaten Bangka siap membantu perpustakaan 62 Desa dan 19 Kelurahan dan juga TBM di Kabupaten Bangka,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Kemana Ucapan Karangan Bunga Selamat Berpisah dan Terimakasih Tertuju

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka, Mina menambahkan saat ini terdapat 18000 jumlah buku dan 4000 anggota yang terdaftar di Perpusda Kabupaten Bangka.

Mina juga menyebutkan bahwa ada hal baru di Perpusda, yaitu Tralis (Terampil Menulis). Tralis merupakaan suatu program pembinaan dan pelatihan kepada masyarakat yang berkeinginan menjadi penulis. Program ini bekerja sama dengan penerbit, sehingga nantinya karya yang telah dibuat langsung dipublikasi.

“Kami di Perpusda ini siap melakukan pembinaan dan memberikan prlatihan kepada anak-anak atau masyarakat yang ingin menjadi seorang penulis,” kata Mina.

Oleh karenanya, Mina berharap peresmian Perpusda ini dapat menjadi pemberitahuan kepada masyarakat bahwa Perpusda sudah beroperasi sehingga literasi di Kabupaten Bangka dapat meningkat.
“Kita berharap, dengan peresmian ini, masyarakat dapat mengetahui kalau Perpusda sudah beroperasi sehingga literasi di Kabupaten Bangka dapat ditingkatkan,” demikian Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka.(tam).

BACA JUGA :  Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin, Resmi Bertugas