Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, Mulkan Resmikan Program Jamban

oleh
Bupati Bangka, Mulkan saat meresmikan bantuan pembangunan sarana sanitasi individual dan rumah layak huni di Balai Desa Labuh Air Pandan, Kecamatan Mendo Barat, Rabu (05/01/22).

FORUMKeadilanbabel.com, Mendo Barat – Upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di bidang Kesehatan, terus dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bangka. Salah satu upaya penunjang peningkatan kualitas hidup ini salah satunya dengan peningkatan taraf kesehatan lingkungan juga.

Demikian disampaikan Bupati Bangka, Mulkan dalam sambutannya saat meresmikan bantuan pembangunan sarana sanitasi individual dan rumah layak huni di Balai Desa Labuh Air Pandan, Kecamatan Mendo Barat, Rabu (05/01/22).

“Inilah langkah Pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kabupaten Bangka ini. Memiliki jamban ini memberi kenyamanan terkait akses buang air besar kepada masyarakat kita,” kata Mulkan.

Ditambahkan oleh orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, adanya sanitasi yang baik juga akan menurunkan tingkat polusi udara. Hal ini juga dikatakan Mulkan sebagai langkah dalam mencegah berbagai penyakit yang bisa saja disebabkan oleh lingkungan kumuh.

BACA JUGA :  Bupati Riza Ajak Masyarakat Semarakkan Event Basel Bekecak

“Jika tidak ada polusi udara tidak ada lagi penyakit yang disebabkan oleh kotoran,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Mulkan, Pemkab juga berkomitmen untuk melakukan pemerataan pembangunan dengan program rumah layak huni bagi masyarakat.

“Untuk pemerataan pembangunan kita lakukan lewat program rumah layak huni,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madonna, ia menginformasikan bahwa total sudah tercatat 807 unit jamban yang sudah dibangun di Kabupaten Bangka melalui program Pemda ini.

“Sudah dibangun sebanyak 807 unit untuk tahun 2021 se Kabupaten Bangka,” tukasnya.

Pada acara kesempatan ini, Bupati Bangka didampingi Ketua PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan, S.E., Kapolres Bangka beserta segenap Kepala OPD Pemkab Bangka melakukan peninjauan ke sejumlah jamban yang telah dilakukan pembangunan.

BACA JUGA :  Wabup Debby Wakili Bupati Riza Sampaikan Laporan LKPJ Tahun 2023 dalam Rapat Paripuran DPRD Basel

Tak luput juga dari perhatian Pemerintah Daerah, sejumlah masyarakat sekitar pun juga menerima beberapa paket sembako untuk meringankan kebutuhan harian mereka. (red)