Jumli Sebut Perlunya Edukasi Masyarakat Soal Pentingnya Vaksin Saat Pandemi Covid-19 yang Belum Berakhir

oleh
Ketua Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Resor Pangkalpinang, Jumli Jamaluddin saat ikuti Vaksinasi, Kamis (28/10/21).

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG – Ketua Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Resor Pangkalpinang, Jumli Jamaluddin mengimbau masyarakat untuk tidak takut untuk divaksin.

Hal ini disampaikannya kepada media ini usai melakukan vaksin kedua bersama Ketua RW 02 Opas Indah Nerro Wijaya dan warga masyarakat yang dipantau langsung oleh Ketua Subsatgas Mobilisasi Percepatan Vaksin Kota Pangkalpinang Iptu Hardi yang juga sebagai Kasat Binmas Polresta Pangkalpinang di klinik vaksin Polresta Pangkalpinang (Kamis, 28/10/2021).

“Memang ada pengecualian bagi masyarakat yang tidak divaksin terutama terkait dengan riwayat penyakit atau ada hal-hal yang memang belum bisa untuk divaksin sesuai dengan pemeriksaan medis, yang belum bisa divaksin tentunya harus sesuai dengan pemeriksaan kedokteran dan ada surat keterangan dokter yang berkompeten dalam pemeriksaan kesehatan atau terkait dengan riwayat penyakit tersebut, namun bagi masyarakat yang tidak memiliki riwayat penyakit atau terkait kesehatan maka sebaiknya segera untuk dilakukan vaksin, dan tidak usah takut untuk vaksin karena sebelum divaksin ada proses pemeriksaan kesehatan secara detail oleh perugas medis, sedangkan untuk jaminan kehalalan vaksin sudah dijamin oleh MUI”, sebut Jumli.

BACA JUGA :  Pemkot Pangkalpinang Terima Penghargaan Terbaik 1 Paritrana Award Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Dikatannya, di masyarakat memang masih ada sebagian yang masih enggan untuk divaksin dengan berbagai alasan, namun memang perlu diberikan edukasi agar pada akhirnya bisa memahami pentingnya vaksin disaat pandemi covid-19 yang masih belum berakhir. Apalagi saat ini kewajiban vaksinasi sudah mulai menjadi syarat administrasi baik dalam kegiatan perjalanan udara, laut atau mungkin juga darat nantinya. Kedepannya bukan tidak mungkin menjadi syarat administrasi lainnya didalam pelayanan publik.

“Sekarang ini untuk mendapatkan vaksin sangat dipermudah, bahkan disediakan gerai-gerai vaksin diberbagai tempat publik, jadi masyarakat tidak sulit untuk mendapatkan vaksin, bahkan di klinik Polresta Pangkalpinang menyediakan pelayanan vaksin setiap hari selama jam kerja”, imbuh Jumli yang juga selaku pemerhati publik sekaligus Ketua LP5 Babel ini.

BACA JUGA :  Polisi Dalami Keterlibatan Abok Bos Kolektor Timah Akim?

Mantan Kepala Ombudsman RI Babel 2013-2018 ini juga mengimbau silahkan masyarakat yang hendak vaksin datang ke gerai-gerai yang sudah disediakan oleh pihak-pihak terkait.(wahyudi)

Editor: Romli