Dua Anggota Marinir Ini Siap Bantu 10 Ton Solar dalam Upaya Pendalaman Alur Muara Air Kantung

oleh
Kepala Lingkungan Nelayan 2, Sarifudin bersama sejumlah anggota Lanal Babel saat diwawancarai di atas gundukan pasir alur muara Air Kantung, Jum'at (22/10/21).

FORUMKeadilanbabel.com, BANGKA – Dalam rangka mempercepat proses pendalaman alur muara Air Kantung, dua anggota Marinir dari Pos Angkatan Laut Sungailiat siap memberikan bantuan berupa 10 ton BBM jenis solar untuk operasional alat berat.

Demikian disampaikan Kepala Lingkungan Kampung Nelayan 2, Sarifudin kepada media ini, Jum’at (22/10/21).

“Tolong sampaikan ke Pak Gubernur. Kami minta segera didatangkan 3 unit PC dan 1 Boldoser untuk mempercepat proses pendalaman alur muara Air Kantung ini. Soal bahan bakarnya (BBM, red) tidak perlu dipikirkan, Pak Diro dan Pak Djarot yang siapkan 10 ton solar untuk keperluan operasional 3 unit PC dan Boldoser itu,” kata Kaling Kampung Nelayan 2 Sungailiat, Sarifudin, Jum’at (22/10/21).

BACA JUGA :  Usai Diperiksa Jaksa, Mantan Gubernur Erzaldi Sebut Dirinya Dipanggil untuk Klarifikasi soal Perizinan

Terpisah, Djarot salah seorang anggota marinir dari Pos AL Sungailiat, membenarkan jika dirinya dan Mayor Sudiro memang siap mensuport Gubernur Erzaldi dalam upaya percepatan pendalaman alur muara Air Kantung dari segi kesiapan bahan bakar minyak (solar, red) untuk pengoperasian 3 unit PC dan 1 Boldoser.
“Betul, saya dan Pak Diro sudah sepakat siap membantu 10 ton solar untuk pengoperasian 3 unit PC dan 1 boldoser dalam upaya mensegerakan pendalaman alur muara Air Kantung ini,” ujar Djarot.

Dikatakan Djarot, saat ini pihaknya melakukan apa yang bisa dilakukan dulu, dengan unit yang tersedia.
“Memang sepertinya kita butuh setidaknya 3 unit excavator dan boldozer untuk menggeser gunung pasir ini. Dan ini sudah direspon Gubernur untuk segera dikirim alat beratnya. Yang jelas saat ini kami fokus bagaimana memecahkan masalah pendangkalan ini, agar masyarakat nelayan bisa sesegera mungkin bisa melintas keluar masuk pelabuhan Jelitik ini. Itu yang paling kami prioritaskan,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Polisi Dalami Keterlibatan Abok Bos Kolektor Timah Akim?
Saat ini pekerjaan pendalaman alur kembali berjalan, terlihat satu unit PC sudah beroperasi di alur muara Air Kantung, Jum’at (22/10/21) petang.

Sementara itu, Gubernur sendiri saat dikonfirmasi mengatakan akan menambah unit alat berat guna mempercepat proses membuka mulut muara Air Kantung tersebut.

“Exscavator akan dikirim ke sana besok dan pipa untuk menyedot pasir sedang dirakit,” singkat Erzaldi melalui pesan Whatsapp, Jumat (22/10/2021).

Sebelumnya, Gubernur Babel Erzaldi Rosman bersama para perhimpunan nelayan Air Kantung, menggelar audiensi bersama perwakilan nelayan, terkait kondisi alur muara Air Kantung. Dalam rapat yang digelar pada Selasa (19/10/21) siang di Kantor Gubernur tersebut, Erzaldi mengambil langkah diskresi sebagai langkah cepat penanganan masalah buntunya muara Air Kantung.

Dalam pertemuan tersebut diambil beberapa keputusan, di antaranya Gubernur menggandeng Koperasi Angkatan Laut (Primkopal) yang dipercaya untuk segera melakukan upaya pembukaan mulut muara Air Kantung.

BACA JUGA :  Bupati Riza Ajak Masyarakat Semarakkan Event Basel Bekecak

Pantauan wartawan di lapangan pada Jumat (22/10/21) siang terlihat aktivitas beberapa prajurit berseragam marinir sedang mengoperasikan excavator untuk menarik pasir yang menyebabkan pendangkalan di mulut muara. (rom)

Editor: Romli