Hadiri Perayaan Maulud, Molen Harap Budaya Nganggung Tak Lekang oleh Waktu

Lokal
Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) saat memberikan sambutan dalam acara Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW di Masjid Tua Tunu, Senin (18/10/21) malam.

FORUMKeadilanbabel.com, Pangkalpinang — Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Masjid Al Mukarrom Tuatunu, Senin (18/10/2021) malam.

Dalam kesempatan itu, Molen mengatakan, sengaja malam ini datang ke masjid tertua di Pangkalpinang untuk merayakan tradisi nganggung masyarakat Bangka Belitung.

“Dari dulu sampai sekarang budaya nganggung ini menjadi budaya asli tradisional masyarakat Bangka Belitung. Ini harus kita lestarikan budaya ini jangan sampai hilang dalam momen-momen agama Islam supaya kita budayakan dan laksanakan kembali,” ujar Molen.

Molen juga berharap budaya nganggung tidak lekang dan hilang oleh waktu.

“ Selain itu, dari dulu memang kami pengen Kampung Melayu ada di Tuatunu. Sebuah kota dengan adanya Kampung Melayu yang menjaga nuansa religius keislaman di sini. Sabar dan pelan-pelan kita perbaiki apalagi di tengah pandemi seperti ini kita defisit anggaran kita besar,” katanya.

BACA JUGA :  Dukung Presiden Pacu Hilirisasi Sektor Pertambangan, Ini Harapan Erzaldi

Lanjutnya, pemkot berupaya memperbaiki dan merapikan infrastruktur jalan, lampu penerang di sekitar masjid kayu dan Kampung Tiga Orang yang menjadi ikon Kota Pangkalpinang.

“Kita buat tugu selamat datang di Kampung Melayu yang sudah dirancang walaupun dengan defisit anggaran. Akan tetapi, pelan-pelan kita perbaiki. Semoga menjadi berkah dan doa kita selamat dunia dan akhirat,” tutupnya.(wahyudi)

Editor: Romli