KUA-PPAS 2022 Disepakati, Gubernur : Mohon Doanya Agar Pendapatan Kita di Tahun 2022 Bisa Bertambah

oleh
Gubernur Erzaldi bersama Pimpinan DPRD Babel di ruang Banggar DPRD Babel, Rabu (6/10/21).

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG – Setelah melalui pembahasan di tingkat legislatif. Akhirnya Pemprov. Babel dan DPRD Babel menyepakati KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp.2.486.859.229.656.

Dengan disepakatinya KUA-PPAS, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama para Pimpinan DPRD Babel, menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) mengenai Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Babel Tahun Anggaran 2022, di Ruang Banggar DPRD Babel, Rabu pagi (6/10/2021).

Seusai menandatangani MoU, gubernur dalam sambutannya menyampaikan enam fokus prioritas pembangunan utama ke depan yaitu, pembangunan agropolitan, pembangunan bahari, pembangunan pariwisata, peningkatan ekonomi masyarakat, pembangunan pendidikan, serta pembangunan kesehatan.

Kemudian gubernur menyampaikan, arah prioritas pembangunan penunjang akan difokuskan pada beberapa hal yaitu, pengembangan tata kelola pertambangan, pengembangan energibdan infrastruktur kewilayahan, pembangunan sosial, peningkatan tata kelola birokrasi dan pelayanan publik, pembangunan berdemokrasi, peningkatan pembangunan bidang kebencanaan, serta pengendalian lingkungan hidup.

BACA JUGA :  Event Basel Bekecak 2024, 150 Lapak Pelaku UMKM Pasarkan Produknya

“Sementara arah kebijakan keuangan daerah masih difokuskan pada pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19, di samping belanja yang bersifat wajib lainnya,” ungkapnya.

“Serta diarahkan untuk mendukung tema rencana kerja pemerintah pusat, yaitu pemulihan ekonomi dan reformasi struktural,” lanjut gubernur.

Di samping itu, gubernur juga menjelaskan arah kebijakan pendapatan daerah yakni diarahkan melalui sumber-sumber penerimaan asli daerah seperti pajak dan retribusi, serta peningkatan dana perimbangan.

“Untuk tahun ini, dana perimbangan mengalami penurunan, di mana pada tahun 2021 sekitar Rp1,7 triliun, namun untuk tahun 2022 hanya Rp1,4 triliun,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya untuk memandirikan fiskal, ditambah berdasarkan penilaian dari Kementerian Keuangan RI bahwa fiskal Pemprov. Babel menuju kemandirian karena keefektifan kita (Pemprov. dan DPRD Babel) dalam merancang anggaran tersebut.

BACA JUGA :  Percepat Target Penurunan Stunting di Babel, Pj Ketua TP PKK Pimpin Rapat Koordinasi dengan Perangkat Daerah

“Namun, kita tetap harus mencari potensi pedapatan lainnya untuk meningkatkan PAD kita,” pungkasnya.

*DPRD Apresiasi 6 Fokus Prioritas Pembangunan Utama Pemprov. Babel*

Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi mengatakan, enam fokus prioritas pembangunan utama yang disampaikan Gubernur Erzaldi merupakan terobosan yang sangat baik, terutama di bidang pendidikan.

DPRD Babel bersama Tim TAPD Pemprov. Babel dalam pembahasan KUA-PPAS 2022 sudah menetapkan 6 SMA/SMK baru yang akan didirikan pada tahun 2022. lokasinya di Simpang Katis, Teru, Membalong, Sungailiat, Jeriji, dan Pangkalpinang.

“Mohon doanya agar pendapatan kita pada tahun 2022 bisa bertambah, serta dana DAK, DID, DAU tidak terjadi pengurangan yang signifikan di Babel. Hal itu bermuara untuk memenuhi apa yang diaspirasikan masyarakat,” pungkasnya.(budi)

BACA JUGA :  Nyanyikan Lagu Bento , PJ Gubernur Safrizal Giring Ribuan Penonton Melompat dan Bersenandung di Acara Puncak Basel Bekecak

Editor : Romli