Begini Kata Kapolda Soal Massifnya Aktifitas Tambang Ilegal Di Perkebunan PT THEP

oleh
Aktifitas tambang timah ilegal di perkebunan sawit PT THEP Desa Berang Kec. Simpang Teritip Kab. Bangka Barat

FORUMKeadilanbabel.com, Babel – Harga timah yang kian melonjak, membuat masyarakat di Bangka Belitung melakukan penambangan timah secara massif tanpa memperdulikan lokasi yang ditambang itu kawasan hutan atau pun perkebunan.

Seperti halnya aktifitas penambangan di Desa Berang Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat.

Tak tangung- tanggung puluhan hektar kebun sawit PT THEP di Desa ini berubah menjadi lahan tambang.

Sekitar 500 ponton beraktivitas dengan bebas diatas lahan perkebunan tersebut. Kegiatan ilegal ini disinyalir sudah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir.

Sejumlah penambang sedang melakukan aktifitas tambang timah ilegal di perkebunan PT THEP

Dilansir dari Suarabangka.com aktivitas penambangan ilegal tersebut berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Sementara kegiatan tambang kedua mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 04.00 WIB.

BACA JUGA :  Takut Ditahan? Frangky Bos Asal Belitung Mangkir dari Pemeriksaan Jaksa

“Ada sekitar 500 ponton yang bekerja. Ada yang bekerja pagi sampai sore hari dan malam hari sampai subuh,”ujar sumber dari salah satu warga ditemui dilokasi.

Dia mengaku bila hasil menambang di kebun sawit PT THEP memang cukup menjanjikan. Pasalnya dalam satu pron mampu menghasilkan timah 15 Kg sampai 30 Kg perhari.

“Yang nambang ratusan masyarakat desa berasal dari sekitar PT THEP, memang ngasil timah disini, ada yang dapat 30 Kg sehari,” katanya.

Berkaitan dengan aktifitas tambang timah ilegal itu, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Irjen Pol Anang Syarif Hidayat berjanji akan segera mengintruksikan anggota Polda Babel segera menertibkan aktivitas penambangan ilegal di perkebunan sawit PT THEP Desa Berang Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat (Babar).

BACA JUGA :  Lantik 17 Kepsek dan 6 Pengawas Sekolah, Pj Gubernur Safrizal : Buktikan Amanah yang Telah Diberikan Ini dengan Prestasi Kerja

“Akan saya tertibkan sekarang. Akan saya koordinasikan bagaimana cara penertibannya,” tegasnya, Sabtu (18/9/21).

Jenderal bintang dua ini menambahkan, jika sejumlah personel gabungan dari Polres Bangka Barat dan Polda Babel saat ini sudah berada dilokasi perkebunan PT THEP.

“Tinggal bagaimana cara penertibannya yang efektif kepada masyarakat,” terangnya.

Sementara dari pantauan dilokasi tampak puluhan personil aparat gabungan dari TNI/Polri hanya berjaga jaga di mes PT THEP sejak empat hari terakhir dan belum melakukan penertiban dilokasi.

Dikawatirkan bila kegiatan tambang inkonvensional ini terus berlangsung akan menimbulkan dampak negatif dan memicu konflik di Negeri Serumpun Sebalai. (rom/sbc)