Wow, Ada Patok Simbolis Wilayah Administratif Antara kelurahan Sinjay – Jelutung Dan Matras

Lokal
Foto : Pemasangan Patok Simbolis, Perbatasan 2 Kelurahan, Jum'at (17/9/21)

Bangka, Forumkeadilanbabel.com — Sering kali tejadi salah faham dan kebingungan yang dialami warga mengenai batas administrasi wilayah antara Kelurahan Matras dan Kelurahan Sinar Jaya – Jelutung, membuat kedua Aparatur kelurahan, Lingkungan dan Tokoh Masyarakat dari Kedua kelurahan yang telah terpisah sejak adanya pemekaran wilayah pada tahun 2019 silam, memasang patok batas kelurahan masing – masing pada Jum’ at ( 17/9), pagi

Patok tersebut bersifat Simbolis, menggunakan tiang cor berbentuk kubus yang kemudian mereka tanam tepatnya di titik koordinat sekitar Pantai Lingkungan Ake, Kelurahan Sinjay Jelutung Sungailiat Bangka.

Nampak Lurah Matras Ersi dan Lurah Sinar Jaya – Jelutung Siska bersama perwakilan masyarakat dan perwakilan Pemerintah Daerah Bangka bergotong – royong menanam patok.

Lurah Matras Ersi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kasubag Kepemerintahan Kabupaten Bangka yang diwakili Sugianto, Aparatur kelurahan, lingkungan dan masyarakat yang telah bersama – sama memasang patok.

” Alhamdulilah pagi jum’ at ini kita telah selesai memasang patok simbolis yang merupakan tanda dan petunjuk perbatasan antar dua kelurahan Matras & Sinjel secara simbolis. kami akan lebih mudah mengetahui batas masing – masing yang sudah sesuai aturan perbup tahun 2019, itu menjadi dasar kita memasang patok simbolis ini” Ujar Ersi.

BACA JUGA :  Disparbudkepora Babel Gelar pelatihan KIPAN, Suharto sebut Tingkat Penyalahgunaan Narkoba di Babel Peringkat 6 se Indonesia

Sementara Lurah Sinjay – Jelutung, Siska mengatakan pemasangan patok akan memudahkan masyarakat dan pemerintah setempat untuk mengurusi urusan administratif seperti kependudukan dan urusan kewilayahan antar Kelurahan.

” Ini adalah patok batas sementara untuk memastikan batas wilayah masing – masing, yang mana sejak perbup diterbitkan kelurahan Matras ini telah di pecah menjadi 3 Kelurahan, ini untuk memperjelas urusan administratif, kependudukan dan wilayah administratif antara matras dan sinjel, sempat ada kebingungan ditingkat masyarkat dalam mengurusi pertanahan dan kewilayahan” Ujar Siska.

Melalui pemasangan Patok Simbolis, Kedua Kelurahan berharap dapat membangun sinergitas berdasarkan Perbup pemekaran wilayah dan aturan kewilayahan lainnya.

*Kaling Matras, Kaling Ake dan Karang Taruna Seroja Mengikuti Pemasangan Patok*

BACA JUGA :  Erzaldi Sebut Era Globalisasi Menjadi Tantangan Bagi Pesantren

Ketua Karang Taruna Seroja Kelurahan Sinar Jaya – Jelutung bersama 2 Kepala Lingkungan yang paling bersinggungan yakni Kepala Lingkungan Matras & Lingkungan Ake turut mengikuti pemasangan patok simbolis.

” Harapan kami dengan adanya kejelasan tapal batas ini menjadi acuan kita kedepan, kalau masyarakat kita yang mengelola lahan sekitar bisa tahu kemana harus mengurus perizinan atau hal – hal mengenai adminstrasi awal baik di Matras atau Sinjel” Ujar Rizki, Ketua Karang Taruna Seroja.

” Banyak warga saya bertanya – tanya, mana bata wilayah Sinjay – Jelutung sama kelurahan matras, itu saya alami. Kebetulan perbatasan kedua kelurahan, titiknya ada di Lingkungan Ake dan Lingkungan Matras. Masyarakat awam ini bisa lebih mudah melihat tanda hanya dengan akses mata. Meskipun ada perbub atau pihak kelurahan, mungkin masyarakat awam ini berhalangan waktu untuk ke kantor atau mengetahui perbup” Jelas Kasro, Kaling Ake.

BACA JUGA :  Serapan Dana Dekonsentrasi TA 2021, Pemprov Babel Baru Terealisasi Sebesar 50,59 Persen

” Patok ini adalah simbol, selama ini masyarkat awam di lingkungan saya sering mengakui bahwa batas wilayah matras ini sampai ke Pulau sana. Dengan adanya patok ini, kita dengan sangat mudah memberitahu masyarakat bahwa perbatasan wilayah ini sudah berbeda sejak 2019, ini akan memudahkan saya karena belakangan waktu banyak komplain soal batas wilayah ini sejak adanya usaha – usaha di sekitar perbatasan wilayah” Jelas Yunizar, PJS Kaling Matras.

Para Kaling dan Ketua Karang Taruna Seroja mengatakan pemasangan Patok simbolis ini akan mempermudah mereka dalam menjalankan tugas bersama masyarakat.

Penulis : IR