73 Persen Masyarakat Setuju Pendirian Pembangkit Listrik Tenaga Thorium di Babel

oleh

PANGKALPINANG – Dalam kegiatan survei penerimaan masyarakat terhadap implementasi Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Bangka Belitung (UBB) didapati mayoritas masyarakat Babel setuju pembangunan sumber daya energi terbarukan tersebut di Negeri Serumpun Sebalai.

“Setelah kami melakukan penelitian dan kajian, dapat kita paparkan bahwa masyarakat Babel yang setuju pendirian PLTT sebesar 73,73 persen,” ungkap Drajat Tri Kartono salah satu peneliti UNS saat melakukan _Focus Group Discussion_ secara virtual terkait penerimaan masyarakat terhadap rencana pembangunan PLTT, Kamis (12/8).

Dalam penelitian itu juga didapati masyarakat yang menyetujui kehadiran PLTT berharap agar dapat menambah lapangan pekerjaan, menstabilkan kebutuhan pokok, menjamin pengembangan usaha, meningkatkan pendapatan dan kemampuan daya beli masyarakat Babel, serta menjamin pasokan listrik yang cukup dan fasilitas listrik yang memadai.

BACA JUGA :  Pimpin Kegiatan Baznas, Wabup Debby Ajak Seluruh Elemen Masyarakat untuk Menunaikan Zakat

Setelah mendengar paparan dari para peneliti yang kompeten dibidang sosial tersebut, Gubernur Erzaldi Rosman mengungkapkan bahwa Babel diberikan anugerah dengan sumber daya thorium yang melimpah, sehingga hal ini harus diberdayakan.

Dikarenakan dengan kehadiran energi tersebut, akan membuat tarif listrik turun, efisien, dan ramah lingkungan sehingga akan menguntungkan bagi masyarakat maupun industri di Bangka Belitung juga untuk Negeri Indonesia.

Gubernur meyakini pertumbuhan ekonomi di Babel akan meningkat dengan kehadiran PLTT ini, dengan tarif listrik yang murah akan menjadi daya saing yang dimiliki Indonesia di era global saat ini.

“Sehingga saya harap para peneliti berperan untuk meyakinkan agar kehadiran PLTT betul-betul dapat diterima masyarakat, dan juga meyakinkan Pemerintah pusat bahwa kehadiran PLTT merupakan suatu keharusan, energi terbarukan yang murah, efesien dan berwawasan lingkungan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Kasus Dugaan Mafia Tanah, Kejati Babel akan Periksa Mantan Gubernur Erzaldi

Senada dengan gubernur, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS Kuncoro Diharjo juga mengatakan bahwa thorium merupakan masa depan untuk Indonesia, dengan berbagai keunggulan yakni aman, murah, dan ramah lingkungan.

“Kedepan setelah penelitian survei ini tahap selanjutnya ada sinergitas antara UNS, UBB, dan ThorCon International Pte. Ltd selaku pihak yang berencana pengembangan PLTT di Babel,” katanya.

Ditambahkan Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UBB Sri Rahayu yang Rektor UBB bahwa pihaknya mendukung pembangunan ini dikarenakan potensi thorium yang melimpah di Babel, selain itu thorium akan dimanfaatkan dan digunakan untuk menggantikan penggunaan batu bara.

Dari segi ekonomi, dengan adanya PLTT di Babel juga akan berpotensi menurunkan tarif listrik, dan ini membawa dampak positif bagi industri elektronik berbasis IT.

BACA JUGA :  Kepemimpinan Riza Debby Kembali Ukir Prestasi Bidang Perlindungan Pekerja

Penulis : Budi
Fotografer : Saktio
Editor : Imelda