Pengurus Pusat Dukung Penuh Inaker Daerah Laporkan PT PMM Ke Presiden

oleh
Ketua Inaker Bangka, Leonardo saat diwawancari oleh media
Tak Gentar Disomasi, Leonardo Sebut Surat Cinta dari PT PMM

Bangka, FKB – Usai melayangkan surat somasi kepada 12 media yang dituding menyebarkan berita bohong, PT PMM dikabarkan kembali melayangkan surat somasi kepada LSM PD Inaker Bangka.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Leonardo selaku ketua PD Inaker Bangka. Namun menurut Leonardo, dirinya tidak sedikitpun merasa gentar menghadapi surat somasi tersebut. Dia malah mengibaratkan surat Somasi tersebut sebagai *Surat Cinta* dari PT. PMM.

” Ya…. Ada ya ada kita dapat ” Surat Cinta” ya ( Surat mensomasi) dari PT. PMM, hehe dan kita santai saja ya menerima itu .. hehe,” ungkap Leonardo seraya tersenyum, Rabu (4/8/21)..

” Itu hak mereka mengirimkan surat dan juga hak kami untuk menanggapi bagaimana yang harus dilakukan sejauh ini santai saja tapi bisa juga kami tanggapi secara hukum, kita pelajari dulu isi suratnya, pengurus Inaker belum mempelajarinya,” terang Leonardo.

Dikatakan Leonardo, PD inaker Bangka bahkan memastikan akan membalas surat Somasi dari Dirut Perusahan Zirkon PT. PMM. Leonardo juga sempat menyayangkan adanya surat somasi dari PT PMM terhadap berita media Online.

BACA JUGA :  Meja Goyang Timah milik Kolektor Akim Dipolice Line Polisi

” Cuma ya hati – hati menyampaikan somasi ke PD Inaker, di pelajari dulu delik – delik dan aturannya karena saya pastikan akan saya balas “Surat Cinta” dari kawan saya Dirut PT. PMM itu, apalagi kemaren mereka juga mensomasi 12 Media Online yang kita ketahui perlu kehati – hatian karena Media dan Jurnalis adalah 5 Pilar Pembangunan Bangsa,” jelas Leonardo.

Ketua PD Inaker, Leonardo menunjukkan surat laporan ke Presiden RI, Ir. Joko Widodo

Lanjut disampaikan Leonardo, jika pihaknya besok segera melayangkan surat laporan kepada Kementerian ESDM dan Presiden.

“Jadi dari pertemuan kemaren ada arahan dari Pak Gubernur karena kewenangan sudah tidak ada lagi di Pemerintah Daerah dan pusat, selain itu juga jawaban dari direktur PT. PMM Edi Sunanta yang mempersilahkan kami untuk melapor indikasi penyimpangan perusahaan mereka. kami hari ini sudah merampungkan surat disertai bukti – bukti yang kami temukan, paling dekat besok kita kirimkan tertuju kepada Kementerian ESDM dan Presiden besok sudah kita kirimkan” ungkapnya.

BACA JUGA :  Tanggapi Isu Penggunaan Handphone di dalam Lapas, Kadiv Pas : Jika Terbukti akan Ada Sanksi secara Proporsional

Dikonfirmasi terpisah via phone aplikasi Wa, Sekretaris Pengurus Pusat ( PP) Inaker, Gosong C Cahyono menyatakan dukungan penuh terhadap PD Inaker di seluruh Daerah dalam hal menyoroti pengelolaan SDA.

” Kami PP Inaker akan selalu mendukung pengurus Inaker di Daerah apalagi dalam hal memperjuangkan dan mempertahankan kekayaan alam daerahnya, dalan arti kekayaan alam Indonesia baik yang ada di daerah harus di kelola sesuai aturan yang benar” terang Sekretaris PP Inaker.

Menurutnya, usaha PD Inaker Bangka adalah upaya melindungi SDA Babel selaras dengan dasar berfikir didirikan nya Organisasi Inaker.

” Kami Inaker hadir dengan selogan dari kita, oleh kita dan untuk kita’, jadi dalam hal ini apakah usaha pertambangan Zirkon oleh perusahaan itu apakah hanya menguntungkan sekelompok orang atau perusahaan saja ? Nah rakyat dan daerahnya dapat apa ?” tanya Gosong C Cahyono.

” Karena prinsip kerja Inaker ‘ Dari kita, oleh kita dan untuk kita, kami PP Inaker tegas mendukung usaha Inaker Daerah dalam hal menjaga kekayaan Daerah baik itu menguak fakta, aspirasi dan pelaporan data maupun hukum dalam rangka menguak indikasi – indikasi pelanggaran – pelangaran perusahaan yang mengolah sumber daya dan kekayaan alam Bangka Belitung” tegas Sekretaris PP Inaker.

BACA JUGA :  Dua Kali Mangkir, Frangky Bos Belitung Akhirnya Ditangkap Jaksa

Lanjut dikatakannya, PP Inaker dengan tegas mendukung, mengkawal surat laporan dari PD Inaker Bangka ke ESDM dan Presiden, mereka pun meyakinkan bahwa Presiden Jokowi akan berpihak kepada rakyat terkait indikasi penyimpangan Zirkon oleh PT. PMM ini.

” Soal Surat Inaker dan LSM daerah yang akan dikirimkan ke Pusat yakni ESDM pimpinan nya pak Luhut dan presiden kita pak Jokowi kami Inaker Pusat telah siap mendorong dan mengkawa. Inaker ini hadir pada tahun 2016 dalam rangka mendukung dan mengkawal presiden RI Joko Widodo, kami yakin beliau akan selalu berpihak kepada rakyat dan daerah sesuai aturan yang berlaku, kami akan kawal pelaporan dari Inaker Daerah terkait Zirkon Babel ini apapun halang – rintangannya” tandas Gosong C Cahyono. (red)

Penulis : Ikrar