Sinergitas Polresta Pangkalpinang dan Pokdar Kamtibmas Tingkatkan Kondusifitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

oleh

Pangkalpinang, FKB – Sinergitas Polresta Pangkalpinang dan Pokdar Kamtibmas Resort Pangkalpinang terus berupaya meningkatkan kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) khususnya diwilayah hukum Polresta Pangkalpinang.

Guna menyamakan persepsi dan koordinasi dengan masyarakat terkait kondusifitas ketertiban dan keamanan di Kota Pangkalpinang, Polresta Pangkalpinang melalui SatBinmas bersama Pokdar Kamtibamas menyambangi beberapa Poskamling di wilayah Kota Pangkalpinang.

Kegiatan ini merupakan atensi dari Kapolresta Pangkalpinang, AKBP Tris Lesmana Zeviansyah yang menjadi bagian dari program Kapolresta bersinergi dan bekerjasama dengan Pokdar Kamtibmas untuk terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan kondusifitas Kamtibmas diantaranya dengan terus meningkatkan partisipasi dan eksistensi masyarakat melalui poskamling. Ada 73 poskamling di wilayah hukum Polresta Pangkalpinang yang masuk dalam pendataan Polresta dan lebih dari 60 poskamling yang aktif. Hal ini menunjukkan peningkatan yang signifikan kepedulian masyarakat terhadap Kamtibmas yang terus menjadi atensi Kapolresta Pangkalpinang AKBP Tris Lesmana Zeviansyah melalui SatBinmas Polresta bersama Pokdar Kamtibmas.

BACA JUGA :  Bupati Riza Ajak Masyarakat Semarakkan Event Basel Bekecak

Sejumlah Poskamling yang disambangi ini sebagai kelanjutan dari beberapa Poskamling yang sudah dikunjungi oleh Kasat Binmas, Iptu Hardi bersama Ketua Pokdar Kamtibmas, Jumli Jamaluddin beserta Kanit Binkamsa Sat.Binmas Bripka Heri dan Briptu M. Ilham selalu anggota pada Senin malam (2/8/2021) antara lain Poskamling Taman Gandaria Mas 2 Gerunggang, Poskamling Swadaya Karet Bukit Merapin, Poskamling Tegap Mandiri Bukit Merapin dan Poskamling Delima 1 Taman Bunga.

Kasat Binmas Polresta Pangkalpinang IPTU Hardi saat berada di Poskamling Taman Gandaria Mas 2 yang dihadiri pula pertugas Bhabinkantibmas Air Kepala Tujuh dari Polsek Gerunggang, Bripka Robby Fermana, Ketua Poskamling Fajar beserta pengurus, mengatakan bahwa tujuan kunjungan ke beberapa Poskamling tersebut untuk memberikan edukasi dan sosialisasi serta arahan.

BACA JUGA :  Bupati Riza Apresiasi Atas Pembangunan Hotel Sewarna Manunggal Toboali

“Kegiatan ini sesuai dengan arahan dan atensi dari Pak Kapolres Pangkalpinang bersinergi dengan Pokdar Kamtibmas dalam rangka mendorong eksistensi dan inovasi poskamling sesuai dengan perkembangan serta kemajuan zaman. Hal tersebut sebagai implementasi dan penyesuaian dari Peraturan Kepolisian tahun 2020, jadi kedepannya bukan tidak mungkin sesuai Perpol tersebut bahwa petugas-petugas Poskamling akan menggunakan seragam khusus untuk lingkup Poskamling, sehingga kedepannya petugas yang bertugas di Poskamling bukan tidak mungkin akan menjadi sesuatu pekerjaan yang berstatus masuk dalam perangkat tertentu Kamtibmas di lingkungan poskamling dalam struktur pemerintahan, sebab itu Poskamling harus memiliki struktur kepengurusan dan ditengah pandemi covid-19 saat ini harus memenuhi protokol kesehatan,” ujar Hardi (Selasa, 3/8/2021).

BACA JUGA :  Polisi Dalami Keterlibatan Abok Bos Kolektor Timah Akim?

Ketua Pokdar Kamtibmas Resor Pangkalpinang Jumli Jamaluddin menyebutkan Poskamling harus memiliki legalitas dalam eksistensi dan berperan dalam Kamtibmas.

“Poskamling sangat berperan dalam mendukung menciptakan kondusifitas Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif, sebab itu sesuai kemajuan zaman dan teknologi maka harus memiliki wibawa dan legalitas, yang dalam hal ini diatur dengan Perpol tersebut, selain merek atau nama Poskamling harus dirubah dengan disain baru dengan menggunakan logo Kepolisian, Pemkot, dan Pokdar Kamtibmas”, sebut Jumli.

Pada kesempatan itu Iptu Hardi dan Jumli Jamaluddin menyerahkan beberapa item peralatan Poskamling, diantaranya seperti pentungan, baju rompi, jas hujan, senter, jam dinding, masker dan lainnya secara bertahap.(rel)