Distribusikan Alat Rapid Test, Pemprov Babel Utamakan ke Daerah-daerah di Level 4

oleh
Gubernur Erzaldi saat diwawancarai media usai Rapat Evaluasi Penerapan PPKM Level 4 secara virtual di Aula Makorem 045/ Garuda Jaya, Pangkalpinang, Senin (3/8/21).

PANGKALPINANG , FKB – Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, mengatakan dalamĀ  mendukung penanganan Covid-19 di wilayah Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mulai Selasa (4/8/21) besok, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel akan mendistribusikan alat _rapid test_ ke seluruh Kabupaten/Kota di Babel.

Hal tersebut dikatakan Gubernur saat menggelar Rapat Evaluasi Penerapan PPKM Level 4 secara virtual di Aula Makorem 045/ Garuda Jaya, Pangkalpinang, Senin (3/8/21).

“Pemprov. Babel siap memberikan bantuan alat _rapid test_ . Alat ini akan kami sebarkan ke Kabupaten/Kota. Sekarang sedang disiapkan oleh dinas kesehatan (Dinkes Babel),” ujar gubernur.

Dengan adanya penambahan ketersediaan alat _rapid test_ ini, menurut Gubernur Erzaldi, akan menambah jumlah tes harian di tiap wilayah untuk mengetahui jumlah kasus terkonfirmasi positif harian. Jika alat tersebut telah diterima, gubernur menekankan daerah segera melakukan _testing_ .

BACA JUGA :  Plh Sekda Sambut Kunker Darmansyah Husein, Bahas Persiapan Pilkada

“Adanya alat ini kan untuk melakukan _tracing_ lebih banyak dan meningkatkan _testing_ . Jadi perlu untuk menjadi perhatian Bapak/Ibu untuk direalisasikan dalam rangka penanganan Covid-19 ini,” katanya.

Gubernur yang akrab disapa Bang ER ini mengungkapkan, jika alat _rapid test_ selain bersumber dari pihaknya yang sedang diupayakan sebanyak 5.000, juga bersumber dari beberapa pihak yang telah bekerja sama dengan Pemprov. Babel.

“Ada juga kita terima dari kawan-kawan sebanyak 7.000 yang langsung kita salurkan dalam rangka meningkatkan _testing_ ,” ujarnya.

Pemprov. Babel, ditambahkan Erzaldi akan mengutamakan penyebaran alat _rapid test_ ke daerah-daerah yang berada di Level 4 PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) terlebih dulu. Hal ini sebagai upaya menurunkan status PPKM di daerah-daerah tersebut.

BACA JUGA :  Smelter RBT Masih Aman? Belum Disegel Kejagung

“Tetapi kita akan mengutamakan dulu alat ini ke Belitung, Belitung Timur, dan Bangka Barat, karena mereka harus melakukan tes minimal 400 per hari,” kata gubernur.

Rapat evaluasi terhadap pelaksanaan PPKM Level 4 tersebut dihadiri Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi; Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat; Danrem 045/Garuda Jaya, Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto; Bupati/Walikota beserta Forkopimda dan OPD terkait di lingkungan Pemprov. Babel dan Kabupaten/Kota.

Editor : Romli, sumber : IKP