Karang Taruna Dan PKK Lingkungan Nelayan II Resmi Dilantik

Lokal
*Lurah Sungailiat Mengapresiasi Semangat Pelantikan sebagai Contoh Untuk Lingkungan Lain*

BANGKA, Forumkeadilanbabel.com — (31/7) Organisasi Sosial dan Kepemudaan yakni Karang Taruna bersama organisasi perempuan yakni Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Lingkungan Nelayan 2, Sungailiat resmi dilantik.

Pelantikan ini dilaksanakan sederhana dan sakral bertempat di lapangan Voli RT 2 Kampung tengah, Lingkungan Nelayan 2, Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung ( Babel) dengan di saksikan oleh seluruh elemen masyarakat & Kaling Nelayan II, Juga dihadiri langsung oleh Lurah Sungailiat beserta jajaran. Sabtu, 31-7- 2021.

Menariknya dalam acara ini, Kedatangan Lurah Sungailiat dan tamu undangan disambut dengan tarian khas masyarakat pesisir oleh putri – putri kecil di Lingkungan ini.

Lurah Sungailiat H. Farid Anshari SH, MH kemudian membacakan keputusan terhadap Pengesahan kepengurusan PKK Lingkungan Nelayan 2 tahun 2021 dan Selanjutnya menandatangani berita acara pelantikan.

“Yang menjabat sebagai pengurus diharapkan mampu dan cakap menjalankan tugas dan fungsinya” Ujar Lurah Sungailiat, Farid Anshori.

Foto : Ketua PKK Nelayan II Indaita SE ( tengah), bersama Ketua Karang Nelayan II Taruna Roy Wiranata S.Pd ( kanan) dan Sekretaris Karang Taruna, Risman ( kiri ) usai acara pelantikan.

 

H. Nuraida MSI selaku penggerak PKK Kelurahan Sungailiat kemudian melantik Pengurus dan Ketua PKK, Istri Lurah Sungailiat ini percaya PKK Lingkungan Nelayan 11 dapat mengemban amanah.

” Saya percaya ibu dapat melaksanakan tugas dan fungsi sesuai yang telah di tentukan” Kata Nuraida MSI.

BACA JUGA :  Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Mahendra Soal Teguran KASN Terhadap Kebijakan Gubernur Babel

Acara dilanjutkan dengan Sambutan dan Pembacaan SK Kepungurusan Karang Taruna oleh ketua terpilih Roy Wiranata S,pd didamping Sekretaris, Risman.

” Ada beberapa bidang seperti bidang bahari, perikanan dan pertambangan, olahraga, kerohanian, Humas, lingkungan Hidup saya selaku ketua berharap kita dapat bekerjasama membangun kerjasama Lingkungan Nelayan II, dan mesti bekerja serta berkomunikasi dengan aparat Kelurahan Sungailiat ” Ujar Roy membacakan SK.

Lurah Sungailiat, Farid Anshori SH MH mengapresiasi pelantikan PKK dan Karang Taruna Lingkungan Nelayan II. Menurutnya, Pelantikan ini adalah semangat yang patut di contoh oleh 9 lingkungan lain yang ada di Kelurahan Sungailiat.

” dari 10 lingkungan yang ada di kecamatan, Alhamdulillah PKK Nelayan II lah yang pertama membentuk pengurus, dan bung Roy sebagai ketua karang taruna terpilih saya harapkan semangat, di level pemuda saya yakin banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi. Saya sangat mengapresiasi semngat di Nelayan 2 ini sebagai contoh ke lingkungan yang lain, dengan kuatnya PKK insya Allah akan berdampak baik dan berdampak positif tehadap keluarga dan lingkungan” Ujar Farid dalam sambutannya.

BACA JUGA :  Antisipasi Cluster Penyebaran Covid-19, Penerapan Prokes dan Capaian Vaksinasi, Syarat Penyelenggara Event

” Kami atas nama pemerintah kelurahan Sungailiat mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi semangat untuk mengembangkan potensi yang ada, kami akan berkolaborasi dan mendukung penuh dengan komunikasi dan kebersamaan untuk mencapai tujuan bersama” tambah Farid.

Saat sesi ramah tamah dan makan bersama usai Acara Pelantikan, Ketua Karang Taruna di dampingi sekretaris dan Ketua PKK terpilih mengaku akan bekerja keras menjalankan tugas guna mencapai tujuan organisasi.

” Pastinya saya dan pengrus akan bekerja keras menjalankan program kerja Khususnya dalam hal pemberdayaan perempuan seperti pemberdayaan keterampilan, Sosial Budaya, Pendidikan kemudian Sandang & Pangan” Kata Ketua PKK Nelayan II, Indaita SE.

Ketua PKK Lingkungan Nelayan II yang juga adalah istri Kaling Syarifudin, mengaku akan fokus menjalankan program pemberdayaan keterampilan berupa pengolahan dan pengemasan makanan ikan yang menjadi potensi pesisir Nelayan II.

” Sudah beberapa Minggu ini kita punya jadwal gotong royong itu setiap hari Minggu, kemudian kedepan kami akan memberdayakan keterampilan ibu – ibu PKK disini untuk mengolah produk sebagai industri kreatif kami terutama ikan, karena kami PKK disini adalah lingkungan pesisir yang sumber daya ikan nya sangat melimpah, kami kemas dan pasarkan bisa untuk menambah pemasukan ibu – ibu PKK” Jelasnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Penghasilan Keluarga, Warga Desa Sungai Padang Manfaatkan Lahan Kosong Tanam Toga dan Sayur-Mayur

Semantara Ketua Karang Taruna Roy Wiranata S, PD menjelaskan bahwa kepengurusannya akan fokus memberdayakan potensi kepemudaan, salah satunya adalah melakukan pengolahan Sampah.

” Saya dan pengrus Karang Taruna Nelayan II periode 2021 – 2024 ini akan maksimal bekerja sesuai bidang masing – masing. Kalau program lingkungan dan gotong royong sudah berjalan, itu kita Bekerja sama dengan PKK, aparat lingkungan dan komunikasi dengan Aparat kelurahan. kedepan kami akan menjalankan usaha dan bakti masyarkat berupa pengolahan sampah, tujuannya adalah mengembangkan potensi kepemudaan yang ada disini, bagaimana kita juga meningkatkan usaha – usaha kreatif dan produktif sehingga ada kesejahteraan yang berdampak dari program kita pemuda” Ujar Roy Wiranata S, Pd.

” Saya bersama ketua dan pengurus Karang Taruna Telah berkomitmen untuk memberdayakan potensi yang ada, harapannya melalui karang taruna dapat aktif dan bersinergi dengan pihak pemerintah dalam hal pembangunan SDM pemuda disini” harap Sekretaris Karang Taruna Nelayan II, Risman.

Penulis : IR