Terduga Teroris Kabur dari Tahanan Saat Jalani Pemeriksaan di Polda Kep. Babel

oleh

Pangkalpinang, FKB – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dihebohkan dengan kaburnya tahanan terduga teroris.

Terduga teroris berinisal AS ini kabur saat menjalani pemeriksaan (pengamanan) di Polda Babel, Kamis dini hari (1/7/2021) sekitar pukul 03.00 WIB.

Adapun kronologisnya, pada Kamis tanggal 1 Juli 2021 pukul 17.00 s.d. 19.30 WIB telah didapatkan informasi terkait bahwa terduga teroris inisial AS telah melarikan diri dari ruang pemeriksaan di Polda Kep. Babel.

Sebelunya, terduga AS ditangkap oleh Tim Densus 88 AT Polri bersama Tim Polda Kep. Bebel pada hari Rabu 30 Juli 2021 pukul 13.00 WIB di rumahnya Gang Rintis Jl. Mentok RT. 01 Dusun II Desa Kace Kec. Mendo Barat Kab. Bangka Prov. Kep. Bangka Belitung.

BACA JUGA :  Keluarkan Rekomendasi ke Perusahaan Swasta, Kejati Babel akan Periksa Mantan Gubernur Erzaldi

Kemudian terduga dibawa dan  diamankan di Polda Kep. Babel (ruang khusus Satgaswil Densus 88 AT dengan penjagaan ketat oleh anggota Densus 88 AT).

Pada pukul 14.30 s.d. 19.30 WIB dilakukan penggeledahan rumah terduga teroris AS dan tersangka S dimana ditemukan dan disita barang bukti berupa 2 pucuk senjata api aktif, ratusan amunisi berbagai ukuran, bagian – bagian senjata yang akan dirakit, mesin bubut dan lain – lain.

Selanjutnya, pada pukul 23.00 s.d. 02.30 (Kamis 1/7/2021) Tim Penyidik melakukan interogasi terhadap tersangka AS dan tersangka diamankan di ruang pemeriksaan tersebut yang rencananya akan dilanjutkan pemeriksaan pada pagi hari.

Tersangka dijaga oleh 4 anggota Satgaswil yang ditunjuk A.n. Bripda Tri Wahyudi, Bripda Hafis, Bripda Fadhil dan Bripda Yudha, dalam kondisi kaki diborgol dan tangan diborgol menggunakan borgol ties.

BACA JUGA :  Dua Kali Mangkir, Frangky Bos Belitung Akhirnya Ditangkap Jaksa

Pukul 03.30 WIB anggota jaga mengecek kedalam ruangan tempat dimana tersangka ditempatkan ternyata sudah tidak ada ditempat dan borgol rantai kali dan borgol ties kali sudah lepas tertinggal di lantai.

Kemudian setelah itu langsung dilakukan pencarian dan pengejaran yang melibatkan personil Satgaswil, Jatanras dan Ditintel Polda disekitar Polda, dilanjutkan dengan penyisiran diseputaran belakang Polda yang memang masih banyak semak/hutan.

Dilakukan pengambilan CCTV dan diketahui bahwa yang bersangkutan melarikan diri pukul 03.00 WIB sesuai waktu di CCTV, keluar melalui jendela dan kabur ke daerah belakang Polda.

Hingga saat ini masih dilakukan pengejaran tentang keberadaan tersangka, untuk info terakhir yang diperoleh bahwa ada pemilik rumah lokasi belakang Polda menyampaikan tadi malam ada orang yang mengendap endap mesuk kedalam hutan belakang Polda (diduga itu adalah AS)

BACA JUGA :  Polisi Dalami Keterlibatan Abok Bos Kolektor Timah Akim?

Dari informasi tersebut diatas bahwa yang diduga teroris melarikan diri dari Polda berdasarkan rekaman CCTV terjadi pada hari Kamis tanggal 01 Juli 2021 pukul 03.00 WIB, harus adanya antisipasi kemungkinan yang diduga teroris saat ini masih di Pulau Bangka dan harus adanya perketaatan mulai dari pintu keluar masuk ke Pulau Bangka. (red/rel)