Euforia Penambangan Karena Timah Naik, Kasat Polair Polres Bangka : Tolong Mengikuti Perizinan Dan Aturan Yang Ada

oleh
Foto : Kasatpolair Polres Bangka, AKP. Yanto

SUNGAILIAT, FKB — Euforia kegiatan penambangan yang dilakukan masyarakat Bangka belakangan waktu khususnya di wilayah perairan Kabupaten Bangka dipicu oleh harga timah yang membaik.

Namun itu, pro kontra kegiatan penambangan sangat bergantung terhadap persetujuan masyarakat dan hukum atau aturan yang berlaku. Beberapa waktU sebelumnya sempat salah satu LSM di kabupaten Bangka meminta aparat dan PT. Timah melakukan audit dan penertiban aktifitas TI ilegal yang diduga mereka marak beroperasi di wilayah Izin Usaha Pertambangan Laut Bangka.

Hal itu mereka ( LSM – Red) sampaikan melalui beberapa media online lokal dan nasional.

Sementara Kasat Polair Polres Bangka AKP Yanto mengatakan bahwa pihaknya akan menindak suatu pelanggaran kerja tambang berdasarkan laporan resmi warga ataupun agenda kepolisan.

BACA JUGA :  Event Basel Bekecak 2024, 150 Lapak Pelaku UMKM Pasarkan Produknya

” Sementara belum ada laporan ke kami atau pimpinan kami. kalau ada laporan, pasti pimpinan menginstruksikan dan kami tindak lanjuti” Ujar AKP. Yanto di aula Mapolres Bangka.

Namun itu, AKP Yanto membenarkan bahwa saat ini uporia penambangan oleh masyarakat dipicu harga timah yang membaik. Dirinyapun meminta setiap aktifitas kerja penambangan agar memenuhi aturan dan perizinan aktifitas meskipun bekerja dalam skala kecil.

” Saya berharap masyarakat yang sekarang menambang karena tertarik dengan harga timah yang bagus tolong mengikuti perizinan dan aturan yang ada, misalnya tidak melapor ke pihak desa atau di kawasan terlarang, jangan ada hanya alasan untuk makan ini menjadi perhatian tersendiri bagi kami’ Kata Kasat Polair Polres Bangka.

BACA JUGA :  Turun ke Desa Irat, Bupati Riza sebut Kunjungannya Bukan untuk Dilayani tapi Melayani Masyarakat

AKP Yanto pun menambahkan bahwa Satpolair Polres Bangka bertanggung jawab terhadap ketertiban dan kondusifitas wilayah perairan.

Dirinya berharap masyarakat dapat berperan aktif turut menjaga kondusifitas perairan dengan mengikuti aturan yang berlaku serta berkomunikasi dengan pihak Satpolair Bangka apabila ada indikasi pelanggaran.

” Selain itu l, kami apabila melaksanakan perintah razia dalam bentuk tindakan atau himbauan tujuannya adalah mengkroscek, menghimbau dan menertibkan suatu laporan, atau agenda di perairan wilayah kerja Satpolair Bangka dengan prosedur dan berbagai pertimbangan untuk kebaikan masyarakat atau lintas usaha masyarakat perairan itu sendiri” tutup AKP, Yanto.

Penulis : IR