Membantu Penuhi Kebutuhan Darah Di Kabupaten Bangka, FKRT Akan Selenggarakan “Bulan Bakti Donor Darah”

oleh
Dari Kanan foto, Pengurus FKRT Ketua Ikhsan, bendahara Oscar Fernando, Pembina Sumarto S.T dan Sekretaris Prihatno ( Kiri foto)

SUNGAILIAT, FORUMKEADILANBABEL.COM — Urgensi Kebutuhan darah bagi Masyarakat Kabupaten Bangka ternyata menjadi perhatian tersendiri oleh Forum Komunikasi Rukun Tetangga ( FKRT) Sungailiat. Naungan berkumpul dan bersilaturahmi para RT di kecamatan Sungailiat ini, berencana mengadakan penggalangan darah yang nantinya akan di kelola PMI Bangka untuk didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Rencana program Sosial dan Kemanusiaan dengan tema ” Bulan Bakti Donor Darah FKRT” Sungailiat telah dibahas oleh pejabat teras FKRT bersama praktisi sosial sekaligus pembina dari Komunitas Pendonor Darah ( KPD) Bangka di Warkop Begagil, Sungailiat, Bangka, Jum’ at (18/6).

Hadir dalam pembahasan tersebut, Ketua FKRT Ikhsan bersama sekretaris Prihatno, Bendahara Oscar Fernando, Pembina FKRT Sumarto ST dan Pembina KPD Bangka Kinoi.

” Setelah beberapa kali rapat,
Kami berfikir apa yang bisa di perbuat FKRT ? Jadi kami disini ingin membahas dengan pak Kinoi tentang bagaimana mekanismenya, kita matangkan rencana dan sinergitas apa saja yang perlu kita lakukan, kami informasikan bahwa di kecamatan Sungailiat ada sekitar 400 RT dari 12 kelurahan dan 1 Desa yang kami harapkan terlibat langsung menjadi pendonor ” Ujar Ketua FKRT Ikhsan membuka pembicaraan mengenai wacana Bulan Bakti Donor Darah FKRT.

BACA JUGA :  Bupati Riza Bersama Wabup Debby Berbagi Takjil Berbuka Puasa kepada Maayarakat
Foto : Pembahasan Agenda Bulan Bakti Donor Darah oleh Pengurus FKRT dan Kinoi selaku pembina KPD (berbaju hitam, tengah)

Selanjutnya Sekretaris FKRT, Prihatno melanjutkan pembicaraan mengenai apa saja yang menjadi dasar pemikiran, rencana dan target FKRT menyelenggarakan kegiatan ini.

” Kita bicaranya di Kecamatan Sungailiat saja sampai terbersit satu program kemanusiaan, Hal ini ingin kami laksanakan karena FKRT akan mendukung penuh anggaran yang dibutuhkan. kami sudah menyepakati tema kegiatan yaitu ” Bulan Bakti Donor Darah oleh FKRT” Bekerja Sama Dengan PMI dan KPD yang kami rencanakan akan di selenggarakan setiap bulan di setiap Kelurahan yang berada di Kecamatan Sungailiat secara bergantian,” Jelas Sekretaris FKRT. Prihatno.

Prihatno mengungkapkan target rencana penggalangan darah yang pertama adalah daerah Sinar Baru yang akan melibatkan langsung 7 orang RT, selanjutnya apabila sinergitas rencana antara FKRT, KPD dan PMI Bangka sudah dimatangkan, pihak penyelenggara akan menemui lurah Sinar Baru untuk membahas rekomendasi, rencana dan kesepakatan kegiatan.

BACA JUGA :  Lagi, Kasus Dugaan Mafia Tanah, Jaksa Bidik Sekda Belitung

Selanjutnya Pembina KPD Bangka, Kinoi menyampaikan apresiasi dan kesiapan KPD untuk berkerja sama membantu mensukseskan Agenda Kemanusiaan Bulan Bakti Donor Darah FKRT. Dikatakan Kinoi soal perizinan dan tenaga kesehatan dari pihak PMI Bangka akan segera dibicarakan.

KPD berharap melalui Bulan Bakti Donor Darah FKRT dapat menjaring para pendonor baru diluar data base pendonor tetap. Selain itu, kerja sama dalam hal memenuhi stock darah akan lebih maksimal karena para RT yang memang adalah stake holder KPD selama ini akan lebih aktif memberikan peran.

” Kalau kami mengenai ide dan gagasan sangat mengapresiasi, tapi yang menjadi urgensi adalah pendonor baru yang bersedia mendonorkan darah, kalau yang rutin kami sudah punya data base sekitar 1000 pendonor tetap, biasanya per kegiatan kita minimal bisa serap 20 orang yang harapan nya adalah pendonor baru. Tinggal kita bersama dengan PMI dan anggota KPD mematangkan rencana” Ujar Kinoi menyambut pembicaraan.

BACA JUGA :  Dua Kali Mangkir, Frangky Bos Belitung Akhirnya Ditangkap Jaksa

” Nah kalau ada paket sembako yang disiapkan FKRT untuk para pendonor baru, menurut saya adalah ide yang bagus kami pun sudah pernah mengapresiasi pendonor dengan hal yang sama dengan memberikan apresiasi berupa paket beras senilai 50 ribu” tambahnya.

Disampaikan Kinoi bahwa setiap kegiatan donor darah, Pihak PMI Bangka biasanya juga memberikan paket kepada pendonor seperti Sari kacang hijau, vitamin penambah darah, air mineral dan Snack.

Sementara Pembina FKRT Sumarto ST menutup pembicaraan dengan memberikan masukan untuk segera mungkin membahas rencana tersebut ke pihak kelurahan Sinar Baru. Sumarto mengingatkan tujuan utama kegiatan ini adalah untuk kemanusiaan.

” Ini harus direncanakan dengan baik yang utama FKRT segera berkomunikasi dengan pihak kelurahan agar ada suatu kepastian rencana untuk mencari calon pendonor dan Terget sosial yang kita harapkan, apalagi ini kita sistemnya jemput bola di kelurahan tempat para calon pendonor itu sendiri. Kami tidak mencari nama tapi untuk kemanusiaan” Ujar Sumarto, ST.

Penulis : IR