Masalah TPU Terbesar di Pangkalpinang, Gubernur Turun Tangan

oleh

PANGKALPINANG – Masyarakat sekitar Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ampui Pangkalpinang bisa bernafas lega setelah aduan mereka ditindaklanjuti oleh orang nomor satu di Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Apa yang diadukan warga kepada Gubernur Erzaldi?

“Saat saya bersilaturahmi dengan pengurus Masjid Nurul Falah, masyarakat setempat meminta saya melihat sebagian kawasan pemakaman yang tidak berbekas lagi akibat aktivitas tambang ilegal,” ungkap Bang ER-sapaan akrabnya saat meninjau lokasi TPU yang berada di wilayah Kecamatan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang, Kamis (10/6/2021).

Nah, hal tersebut membuat Gubernur Erzaldi langsung menginstruksikan jajarannya, dalam hal ini Dinas PUPR Babel untuk melakukan penimbunan di lahan bekas tambang ilegal tersebut.

BACA JUGA :  Laksanakan Intruksi Bupati, Dinsos Perlindungan Anak Kabupaten Basel Berikan Bantuan Kepada Warga Desa Air Bara yang terkena Musibah

Nantinya, kawasan pemakaman yang sudah rusak akibat tambang ilegal tersebut akan ditimbun dari tanah yang dikeruk dari sungai Ampui yang berada tak jauh dari lokasi. Dan akan di bangun talud di seputaran wilayah pemakaman.

“Sehingga selain penataan fungsi lahan pemakaman juga sekaligus normalisasi aliran sungai Ampui,” jelas Bang ER.

Untuk diketahui, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ampui merupakan pemakaman terbesar di Kota Pangkalpinang dengan total luas wilayah mencapai 10 hektar. Namun kondisi saat ini, sebagian wilayahnya tergerus oleh aktivitas tambang ilegal.

Dalam kunjungan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas PUPR Babel, Jantani dan Kepala Satpol PP Babel, Yamoa’a Harefa beserta masyarakat setempat.

BACA JUGA :  Wabup Debby Wakili Bupati Riza Sampaikan Laporan LKPJ Tahun 2023 dalam Rapat Paripuran DPRD Basel

Penulis: Budi
Foto: Saktio
Editor: Lisia Ayu