Kementrian ESDM Akan Membantu Memasarkan Prodok Biogas PT. BAA

oleh

Sungailiat, FKB – Ditjen Kementrian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) pusat, melakukan penjajakan proses produksi bio gas PT.BAA dan akan menawarkan ke calon-calon pengguna bio gas.

Hal itu disebutkan Effendi Manurung, perwakikan dari Ditjen EBTKE Kementrian ESDM pusat, dalam kunjungan ke PT.BAA (Bangka Asindo Agri), Kenanga, Kamis (29/04/2021).
Dijelaskan Effendi Manurung, setelah kita melihat potensi yang ada yaitu produksi biogas yang dihasilkan PT.BAA sudah dapat dilakukan proses lebih lanjut. Untuk itu kita mencoba memperkenalkan calon-calon pengguna biogas, “Namun kita bantu dulu PT.BAA untuk menyusun kajian teknisnya sampai ketemu keekonomiannya. Maka dalam kunjungan ke PT.BAA bersama pihak PLN dan PT.Timah,” tuturnya.

BACA JUGA :  Pimpin Kegiatan Baznas, Wabup Debby Ajak Seluruh Elemen Masyarakat untuk Menunaikan Zakat

Ditambahkan Effendi Manurung, bahwa dari hasil kajian, akan kita tawarkan ke calon-calon pengguna, seperti PLN, PT.Timah dan perusahaan yang lain, “Kita apresiasi semangat dari pemkab Bangka serta PT.BAA dalam mendorong tenaga listrik dari biogas,” ujarnya.

Sementara dari perwakilan Pemkab Bangka, Rudiansyah mengatakan bahwa, bahwa kita ciptakan industri ramah lingkungan yang hijau terpadu dari hilir ke hulu kita manfaatkan. Tentunya kita berharap, kolaborasi antara pemkab Bangka dan pihak swasta, kementrian ESDM pusat, serta PLN, pihak PT. Timah, akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, “Hal ini sesuai dengan program pemerintah pusat, dalam rangka ketahanan energi didaerah, ” katanya.

BACA JUGA :  Lagi, Kasus Dugaan Mafia Tanah, Jaksa Bidik Sekda Belitung

Dikesempatan yang sama, perwakilan PT.BAA, Harry Pujiansyah menerangkan bahwa dari kementrian ESDM, dan PT Timah serta PLN, baru tahap penjajakan. Kemudian PT. BAA, satu-satunya perusahaan topioka yang memiliki biogas dan sudah dijalankan untuk tenaga listrik. Dan sisa masih banyak yang seharusnya kita manfaatkan, “Potensi ini kita tangkap dan akan dikembangkan. Kita ingin mengoptimalkan energi yang kita punya. Tentunya untuk kemandirian energi dinegara kita. Harapan kita nanti jadi percontohan di seluruh Indonesia, terkait pemanfaatan biogas dari PT.BAA, ” tandasnya. (heru sudrajat)