Menteri PAN- RB Serahkan Penghargaan Bergengsi ” SAKIP 2021″ Kepada Pemkab Bangka

oleh
Pan Budi: Kami Menargetkan TOP 3 Penghargaan Pembangunan Daerah Dan Top 10 Inovative Goverment Award

Sungailiat, FKB ( 24/4) — Ramadhan 1442 menjadi moment tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Bangka, Pasalnya Pemkab Bangka kembali mendapatkan penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat atas penyelenggaraan roda pemerintahan selama tahun 2020.

Pada kesempatan ini, Pemda Bangka kembali mendapatkan penghargaan bergensi yakni Pemda terbaik dalam menjalankan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2021 dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi.

Penghargaan langsung di serahkan oleh Menteri Cahyo Kumolo kepada Bupati Bangka yang diwakili Kepala Dinas ( kadis ) Bappeda Ir. Pan Budi Marwoto pada acara penyerahan hasil Evaluasi Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi / Kabupaten / Kota di Hotel Bidakara Jakarta. ( 22/4)

Bupati Bangka Mulkan SH. MH menyatakan bahwa SAKIP merupakan sistem integrasi dari dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, sistem dampak pembangunan dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

BACA JUGA :  Pasca Liburan Idul Fitri 1445 H, Pemkot Pangkalpinang Gelar Halal Bihalal

” Pemerintah yang baik adalah yang mampu melaksanakan sistem akuntabilitas itu dengan baik, Dalam konteks ini Pemkab Bangka menjadi sebagian kecil Pemda di seluruh Indonesia yang mampu melaksanakan sistem akuntabilitas dengan kinerja teebaik di Indonesia dengan hasi ” BB ” atau ” Sangat Baik”

Mendapatkan nilai akuntabilitas yang terus meningkat . Bupati juga menyatakan bahwa tercapainya predikat ” BB” tersebut menunjukan kuatnya komitmen Pemda dalam menjalankan pembangunan berbasis kinerja guna tercapainya visi ‘ Bangka Setara”

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.IP menyatakan bahwa Pemda Bangka saat ini dihadapkan dengan tuntutan kepuasan masyarakat yang semakin tinggi.

” Pemkab selalu di pertanyakan kehadirannya dalam memberikan pelayanan publik yang prima, sementara Sumber daya anggaran yang kita miliki terbatas. kondisi yang demikian tentu menuntut kami untuk dapat mengelola APBD secara efektif dan efisien, salah satunya adalah dengan meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja pemerintah dengan menjamin pengolahan APBD yang fokus dan tepat sasaran yang berorientasi pada hasil bukan lagi output. Artinya, kami dituntut menjamin setiap rupiah yang dikeluarkan untuk program dan kegiatan harus memiliki manfaat ekonomi, manfaat untuk rakyat, utamanya meningkatkan kesejahteraan” Ungkap Syahbudin

BACA JUGA :  Hangatnya Tali Persaudaraan Pegawai Diskominfo Kep. Babel pada Halalbihalal Idulfitri 1445 H

Sementara Kepala Bapedda, Ir. Pan Budi Marwoto menjelaskan bahwa untuk mendapatkan hasil kinerja dan efisiensi terbaik Pemkab Bangka menjalankan akuntabilitas kinerja berorientasi hasil sebagai pengejawantahan menajemen kerja sektor publik dan anggaran berbasis kinerja.

” Melalui SAKIP, kami mendorong semua OPD untuk Fokus pada pencapaian prioritas pembangunan Bangka Setara melalui : Perencanaan dan Penganggaran yang terintegrasi efektif dan Efisien serta monitoring dan evaluasi hasil – hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala” Ungkap Ir. Pan budi.

Disampaikan Ir. Pan Budi bahwa, Secara faktual semua upaya yang Pemkab Bangka lakukan telah berhasil mendongkrak keberhasilan Pemkab Bangka sehingga masuk dalam kategori ” BB” dengan nilai yang terus meningkat bahkan terbaik di Bangka Belitung, Seizin Bupati Bangka Ir. Panbudi menargetkan Pemkab Bangka menargetkan 3 Nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah dan Top 10 Inovative Goverment Award

BACA JUGA :  Event Basel Bekecak 2024, 150 Lapak Pelaku UMKM Pasarkan Produknya

” Kedepan kami akan terus melakukan perbaikan dengan menerapkan implementasi performance Bassed organization dan menargetkan Nilai A untuk SAKIP, memperbaiki kualitas WTP untuk pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah, Kami menargetkan TOP 3 Penghargaan Pembangunan Daerah dan Top 10 Inovative Goverment Award” terang Kadis Bappeda

Penulis : Ir